Hari Kedua Assesment Center, Calon JPT di Lingkungan Kemensetneg Jalani Berbagai Rangkaian Kegiatan

 
bagikan berita ke :

Rabu, 03 Juli 2019
Di baca 999 kali

Dua puluh peserta yang mengikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara kembali melaksanakan Assesment Center di hari kedua, Rabu (3/7). Bertempat di Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemensetneg, peserta diharuskan mengikuti serangkaian kegiatan, yakni menganalisis SWOT suatu masalah, mempresentasikannya dihadapan asessor dan juga wawancara.

Peserta dibagi menjadi 3 kelas sesuai dengan 3 formasi JPT Pratama yang akan diisi. Kelas 1 untuk jabatan Kepala Biro Pers, Media dan Informasi, kelas 2 untuk jabatan Kepala Biro Informasi dan Teknologi, dan kelas 3 untuk Asisten Deputi Infrastruktur Energi dan Tata Ruang.



Ani Afrilda Sinaga, salah satu peserta dari Sekretariat Militer Presiden Republik Indonesia yang melamar untuk posisi Asisten Deputi Infrastruktur Energi dan Tata Ruang menceritakan, analisis Strength, Weakness, Opportunity dan Threat atau biasa disebut SWOT yang dilakukan hari ini untuk melihat bagaimana peluang, kesempatan dan kekuatan yang ada pada posisi yang dilamar.

“Dan yang saya tangkap dan saya rasakan ketika mengikuti Assesment itu banyak hal yang membangun kemandirian, persiapan  dan kompetensi kita. Karena dari Assesment Center ini kita dapat mengembangkan diri kita atau kelemahan dan kelebihan diri kita, serta untuk persiapan secara mental dan fisik untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi,” ujar Ani.


Sementara itu, di tahap wawancara Ani merasa bahwa Assesor lebih menggali tentang pengalaman pribadi dan bagaimana cara peserta menghadapi tantangan yang ada.


Sama dengan Ani, Rahmi Yuliastri peserta dari Asisten Deputi Bidang Naskah dan Terjemahan (Naster) Kedeputian Bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK) Sekretariat Kabinet mengaku Assesment Center ini lebih condong ke pendekatan pribadi. Hal ini dapat dilihat dari metode yang harus peserta lakukan di sesi presentasi.

“Kalau sekarangkan presentasinya sendiri walaupun sama soalnya, tapi gak di depan teman-teman, di depan penguji saja,” katanya.

Seluruh hasil Assesment Center dari 20 peserta akan diserahkan ke Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kemensetneg selaku Panitia Pelaksana (Pansel) dan diumumkan melalui aplikasi SENOPATI pada tanggal 16 Juli 2019. (ADE-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
2           0           0           0           0