Memakmurkan Masjid Darussalam, Istana Kepresidenan Yogyakarta Adakan Pengajian dan Buka Bersama Jamaah

 
bagikan berita ke :

Rabu, 15 Mei 2019
Di baca 1674 kali

Memasuki hari ke-5 puasa di tahun 1440 Hijriyah, Istana Kepresidenan Yogyakarta mengadakan silaturahmi dengan para jamaah dari beberapa masjid di sekitar Kota Yogyakarta. Acara pengajian dan buka bersama Kepala Istana Yogyakarta ini mengundang sekitar seribu jamaah. Kegiatan digelar pada Jumat 10 Mei 2019 di Masjid Darussalam, Istana Kepresidenan Yogyakarta.  

 

Rangkaian acara pengajian ini dimulai pada pukul 15.00 WIB. Tamu undangan yang masuk ke gerbang Istana Kepresidenan Yogyakarta kemudian memasuki pintu pemeriksaan dan melakukan registrasi. Diawali dengan program Istana untuk Rakyat (Istura), para jamaah pun diarahkan petugas untuk menikmati pemandangan di Istana Kepresidenan Yogyakarta dengan mengunjungi area Gedung Induk dan Museum Istana.

 

Usai melakukan kunjungan, petugas kemudian menunjukkan lokasi pengajian yakni di area masjid. Tamu undangan diberikan minuman untuk membatalkan buka puasa sembari memasuki tempat pengajian. Setelah semua tamu undangan berkumpul, acara kemudian dibuka oleh pembawa acara. Sambutan demi sambutan diberikan sebagai ucapan selamat datang bagi para jamaah.

 

Tidak lupa, Saipullah juga menyapa para jamaah dengan hangat. Sambutan kali ini terbilang cukup mengesankan, sebab dalam sambutannya Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta juga turut memberikan sejumlah hadiah kecil bagi jamaah yang bisa menjawab pertanyaan yang ia berikan. “Adakah yang tahu berapakah nomor sepatu saya?” tanya Saipullah. Sontak, suasana riuh pun tercipta karena para jamaah berebut ingin menjawab pertanyaan tersebut. Beberapa jawaban mengundang tawa karena audien hanya asal menebak jawaban.

 

“Saya sudah pernah berkunjung ke berbagai negara dan di tiap negara itu paling sulit bagi saya untuk menemukan ukuran sepatu yang cocok, karena kaki saya kecil. Ukuran sepatu saya 39,” jelas Saipullah ketika memberikan jawaban yang benar dari pertanyaan tersebut.

 

Setelah berinteraksi, para tamu undangan mendengarkan ceramah dari Ustad Saijad. Ustad Saijad mengaku sangat bangga dan berbahagia dapat diundang kembali dalam mengisi pengajian di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Acara ini dibuat untuk memakmurkan Masjid Darussalam milik Istana Kepresidenan Yogyakarta yang baru selesai proses renovasi.

 

Usai memberikan ceramah, tidak terasa waktu pun menunjukkan waktu berbuka puasa. Para jamaah bersama berdoa dan membatalkan puasa, seraya bersiap untuk menunaikan salat magrib berjamaah. Rupanya, beberapa jamaah masih enggan untuk beranjak dari Masjid Darussalam sebab mereka ingin melaksanakan salat isya dan tarawih di Masjid Darussalam. (Karisma Widya – Istana Kepresidenan Yogyakarta)

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           0           0           0           0