Presiden Minta Semua Kepala Daerah Prioritaskan Pendidikan

 
bagikan berita ke :

Senin, 26 November 2007
Di baca 871 kali

Mengawali sambutannya, Presiden SBY mengatakan bahwa dirinya merasa bangga dapat mengenakan seragam batik PGRI. "Sejak dari Jakarta saya bersama rombongan telah menggunakan busana membanggakan ini, semoga pelita yang kita lihat di kanan kiri kita dan di dada Saudara menerangi kehidupan bangsa Indonesia, menuntun perjalanan bangsa menuju masa depan yang lebih baik," kata SBY disambut aplaus panjang ribuan guru yang memenuhi stadion tertutup itu.

"Selama 30 tahun ketika saya mengabdi di lingkungan TNI, tiga tahun pertama saya bertugas menjadi guru militer, tiga tahun sebagai dosen, saya juga pernah mengikuti pendidikan PGSLP di Malang. Oleh karena itu kita semua mencintai profesi guru, kita semua berterima kasih atas pengabdian para guru yang mengantarkan kita semua ke masa depan menuju cita-cita kita," lanjutnya.

Untuk berkomitmen memprioritaskan pendidikan, SBY mengajak para menteri, gubernur, walikota/bupati untuk bersatu meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan guru." Alokasikan anggaran dari sumber daya lain yang pantas, sesuai kemampuan negara, baik pemerintah pusat atau daerah," kata SBY.

Sebelumnya, Ketua Umum PGRI, Prof. DR Surya dalam laporannnya mengatakan bahwa kehadiran Presiden pada acara ini menambah rasa optimis para guru, sekaligus pencerahan bagi guru. "Sejak 2004, Presiden SBY telah mencanangkan jabatan guru sebagai profesi. Kami juga mengharapkan finalisasi PP Tentang Guru sebagai Peraturan Pelaksana dari UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen," kata Surya.

Sebelumnya Presiden memberikan penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan kepada 12 orang Gubernur, Walikota dan Bupati yang mempunyai komitmen terhadap peningkatan mutu guru dan tenaga pendidikan, dan penghargaan Satyalancana Pendidikan kepada 14 orang guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan pendidik pendidikan non formal yang berprestasi dalam melaksanakan tugas profesionalnya.

Usai memberikan sambutan, Presiden menanda tangani prasasti, didampingi Mendiknas Bambang Sudibyo, Gubernur Riau Rusli Zainal dan Ketua PGRI, Prof. Surya.Tampak hadir dalam rombongan SBY dalam kunjungan kerjanya ke Pekan Baru ini antara lain Ketua DPD Ginanjar Kartasasmita, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Mensesneg Hatta Rajasa, Seskab Sudi Silalahi, Menag Maftuh Basyuni, Meneg Pendayaangunaan Aparatur Negara Taufik Effendi, Meneg Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar, Meneg PDT Lukman Edy, dan Jubir Presiden, Andi Mallarangeng.

 

Sumber:
http://www.presidensby.info/index.php/fokus/2007/11/25/2467.html

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0