Presiden Putin: Indonesia Negara Paling Berpengaruh di Asia Pasifik

 
bagikan berita ke :

Jumat, 07 September 2007
Di baca 4830 kali

"Saya dengan senang hati ingin mencatat bahwa kita sangat senang dan puas dengan hasil kunjungan ini secara menyeluruh. Saya ingin mengucapkan selamat kepada Presiden SBY dan kepada seluruh pemimpin Indonesia atas prestasi-prestasi di bidang ekonomi di tahun-tahun belakangan ini. Martabat Indonesia di gelanggang internasional semakin tinggi. Dalam pertemuan tadi kita sempat membahas masalah-masalah internasional," kata Putin.

"Salah satu pokok pembicaraan tadi adalah perkembangan kerjasama di bidang ekonomi, dan cara-cara untuk mewujudkan proyek-proyek bersama di bidang ini. Kita sudah sepakat untuk mengembangkan kerjasama di bidang-bidang yang dianggap paling penting untuk kedua negara kita. Antara lain bidang energi, pertambangan, penerbangan, telekomunikasi, dan lain-lain,� lanjut Putin.

“Ada perspektif yang sangat baik untuk bekerjasama di bidang militer dan teknis. Saya ingin menggarisbawahi bahwa yang ditandatangani tadi adalah persetujuan antara pemerintah di bidang penanaman modal, dan kami lihat persetujuan ini sebagai suatu dasar hukum yang sangat penting untuk mendorong perkembangan kontak-kontak antara kalangan pengusaha kedua negara kita," Putin menambahkan.

Dalam pertemuan bilateral, lanjut Putin, juga dibahas kerjasama di bidang kemanusiaan serta ilmu, kebudayaan dan olahraga. "Kami sangat berterima kasih kepada pimpinan Indonesia, karena memberikan peluang kepada wisatawan Rusia untuk bisa mendapatkan Visa On Arrival pada saat datang di Indonesia. Saya yakin bahwa langkah ini akan mendorong kerjasama kedua negara kita di bidang pariwisata," ujar Putin.

Menurut Putin, dalam pertemuan bilateral juga secara konstruktif dibicarakan pertukaran pendapat dengan Presiden SBY mengenai berbagai masalah internasional. "Dalam pernyataan bersama yang sudah diterima, digarisbawahi bahwa pendekatan Rusia dan Indonesia terhadap isu-isu global dan internasional sangat mirip. Kedua negara kita mendukung hubungan-hubungan antarnegara di dunia berdasarkan asas-asas yang adil, mendukung perkembangan saling pengertian antarnegara, dan pemecahan konflik-konflik dengan cara damai," Putin menjelaskan.

Prioritas utama diberikan pada pembahasan soal terorisme internasional. "Kedua belah pihak setuju bahwa dalam soal ini peranan utama dimainkan oleh PBB. Kami sangat menghargai kerjasama dengan pihak Indonesia di kawasan Asia Pasifik. Kerjasama kita dalam rangka forum-forum internasional memberikan peluang yang sangat baik untuk mengembangkan kerjasama di bidang dialog antarbudaya dan antaragama," kata Putin.

"Sebagai penutup saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia Presiden SBY atas keramahtamahannya dan kehangatan terhadap saya. Saya mengundang Presiden SBY untuk berkunjung ke negara saya pada tahun depan dan saya sangat berharap bahwa Presiden meluangkan waktu untuk datang ke negara saya. Saya juga yakin bahwa kerjasama antara kedua negara kita juga akan membantu dan mendorong perkembangan yang positif dalam rangka regional kawasan Asia Pasifik,� kata Putin.

 

Sumber:
http://www.presidensby.info/index.php/fokus/2007/09/06/2213.html

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
11           3           3           0           2