Sambutan Presiden pada Peresmian Dan Pengoperasian Tujuh Pelabuhan Serta Empat Kapal Motor Penyeberangan Di Kawasan Danau Toba

 
bagikan berita ke :

Rabu, 02 Februari 2022
Di baca 1236 kali

Kawasan Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara
 
 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.
Horas!

 

Hari ini, tujuh pelabuhan penyeberangan di Kawasan Danau Toba sudah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Ketujuh pelabuhan itu meliputi Pelabuhan Ajibata dan (Pelabuhan) Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Marbun Toruan/Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

 

Pelabuhan dan kapal sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari, menyeberang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain, meningkatkan konektivitas antarkecamatan dan antarkabupaten.

 

Untuk memperlancar konektivitas di Kawasan Danau Toba, Kementerian Perhubungan menyampaikan bahwa pemerintah membangun 13 pelabuhan penyeberangan yang tersebar di tujuh kabupaten.

 

Hadirin yang saya hormati,
Saya melihat (bahwa) yang dibutuhkan masyarakat di sekitar Danau Toba bukan hanya pelabuhan, melainkan juga kapal. Karena itu, hari ini pemerintah meluncurkan empat kapal motor penyeberangan, yaitu Kapal Motor Penyeberangan Pora-Pora (yang) berkapasitas 180 penumpang dan 21 kendaraan, Kapal Motor Penumpang Kaldera Toba (yang) berkapasitas 152 penumpang dan 15 kendaraan, Bus Air Kapal Motor Penumpang Asa-Asa dengan kapasitas 150 penumpang, dan Bus Air Kapal Motor Penumpang Jurung-Jurung dengan kapasitas 150 penumpang. Keberadaan kapal ini sangat penting karena selama ini masyarakat menggunakan kapal rakyat yang standar keselamatannya kurang bisa diandalkan.

 

Saya berharap, dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal-kapal ini, akan mendukung keberadaan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Aksesnya ke berbagai tempat di Danau Toba akan menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih lancar.

 

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian tujuh pelabuhan dan empat kapal motor penyeberangan pada sore hari ini.

 

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Semoga Tuhan memberkati kita.

 

Terima kasih.