Tingkatkan Pemahaman Penggunaan Active Directory, Biro Infotek Adakan Sosialisasi

 
bagikan berita ke :

Selasa, 10 September 2019
Di baca 4696 kali

Selasa (10/9), Biro Informasi dan Teknologi (Infotek), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengadakan Sosialisasi Penggunaan Active Directory bagi seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kemensetneg. Sosialisasi yang ditujukan meningkatkan pemahaman terhadap penggunaan fitur-fitur pada Active Directory, diselenggarakan di Ruang Rapat Gedung III. Lantai 4, Kemensetneg.

Active Directory merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan manajemen user secara terpusat. Active Directory dapat digunakan oleh server/sistem informasi untuk melakukan autentikasi. Melalui sosialisasi selama dua hari, Biro Infotek berharap dapat melakukan sharing knowledge terkait Teknologi Informasi (TI) yang sudah diterapkan di lingkungan Kemensetneg. Selain itu, pegawai dapat memanfaatkan layanan TI dengan optimal sehingga dapat mendukung pekerjaan masing-masing unit kerja.

“Kami harapkan dapat menambah pengetahuan Bapak Ibu, dan juga inovasi yang akan dikembangkan nanti,” kata Suhariono sebagai Kepala Subbagian Pengelolaan Infrastruktur Jaringan dan Perangkat Data saat membuka sosialisasi di hari pertama. Beberapa materi penting dipaparkan oleh para Pranata Komputer dari Biro Infotek.

Materi pertama disampaikan Nur Hadianto sebagai Pranata Komputer Muda. Ia menjelaskan tentang Virtual Private Network (VPN) Single Sign-On (SSO), teknologi yang dapat digunakan pegawai untuk mengakses berbagai sistem aplikasi di Kemensetneg. VPN berfungsi memperluas jaringan intranet melalui jaringan public seperti internet sehingga jaringan intranet bisa diakses dengan jaringan internet. Selain VPN, Nur Hadianto juga memaparkan tentang Profil, aplikasi yang memungkinkan pegawai melakukan enrolling, reset password SSO, Unlock user, dan self update.

Materi berikutnya dijabarkan oleh Pranata Komputer Pertama, Ulfalia Febiana. Ia menjelaskan tentang Portal Intranet yang memiliki fungsi sebagai media komunikasi antar pegawai di lingkungan Kemensetneg ditambah dengan adanya fitur artikel mandiri.

Selanjutnya, penjelasan tentang Sbox, sebuah web based file sharing yang memungkinkan pegawai untuk berbagi file dan dan collaboration work. Hal tersebut dikupas oleh Insan Akhir Suryana selaku Pranata Komputer Muda, Biro Infotek.

Sebagai materi penutup tentang Helpdesk yang disampaikan oleh Calon Pranata Komputer, Sonia Mayangsari. Layanan Helpdesk merupakan pintu antara pegawai sebagai user dengan Biro Infotek terkait TI. Dengan layanan ini, pegawai dapat melakukan pengaduan dan juga masukan terhadap layanan TI di Kemensetneg.

Turut meramaikan sosialisasi, Biro Infotek mengadakan interactive games dengan peserta sosialisasi yang dipandu moderator, Pranata Komputer Muda, Sugeng Purnomo. (DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
5           0           0           0           0