Diskusi Tentang Inovasi dan Strategi Kehumasan, Kemensetneg Kolaborasi dengan PERHUMAS

 
bagikan berita ke :

Selasa, 13 Agustus 2019
Di baca 2686 kali

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menerima para pakar komunikasi dan praktisi kehumasan yang tergabung dalam Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS), Selasa (14/8). Kegiatan penerimaan kunjungan PERHUMAS berbeda dengan kegiatan penerimaan delegasi masyarakat sebagaimana yang pernah dilakukan, karena kali ini perwakilan  PERHUMAS diajak langsung menyaksikan operasional inovasi ruang kendali yang dikembangkan oleh Sekretariat Kantor Staf Presiden.

Kedatangan PERHUMAS disambut langsung Asisten Deputi Hubungan Masyarakat di Lobi Gedung I Kemensetneg dan peserta diajak berkeliling untuk merasakan secara langsung atmosfer kerja dan inovasi yang dikembangkan  Kemensetneg dalam memberikan dukungan teknis, administratif, dan analisis kepada Presiden sebagai kepala negara. Selepas berkeliling, PERHUMAS diajak menuju Kantor Staf Presiden dan ruang kendali  di Gedung Bina Graha.

Dalam kesempatan penerimaan kunjungan tersebut, Asisten Deputi Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara (Asdep Humas Kemensetneg), Eddy Cahyono Sugiarto menekankan pentingnya kolaborasi antar institusi pemerintah dengan organisasi masyarakat lainnya, guna memperkuat sinergi dalam menyukseskan kerja-kerja pemerintah, membangun optimisme pembangunan.


"Kolaborasi Kemensetneg dengan PERHUMAS  dalam pengembangan inovasi dan strategi kehumasan memiliki nilai strategis ditengah upaya kita mendorong SDM Unggul Indonesia Maju, karena upaya mensosialisasikan Indonesia Bicara Baik, sejakan dengan target membangun optimisme bangsa menyongsong kemajuan ditengah era disrupsi sekarang ini," ungkap Eddy.

Dalam  paparan terkait inovasi Kemensetneg,  para peserta kunjungan mendapatkan penjelasan tentang beragam inovasi dan  menyaksikan film-film singkat terkait  inovasi di Kemensetneg, diantaranya tranformasi  Istana Presiden menjadi lebih merakyat, khidmat bermartabat dan ruang budaya publik. Berbagai  peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan diarahkan  guna mewujudkan Kemensetneg sebagai “The Ultimate Showcase of Indonesia”.

"Seluruh unit kerja yang ada di bawah Kemensetneg, termasuk Sekretariat KSP yang secara administratif dikoordinasikan oleh Kemensetneg, saat ini tengah gencar berinovasi untuk peningkatan pelayanan dan kualitas kelembagaan secara keseluruhan”, pungkas Eddy.


Menanggapi hal tersebut, Ketua Bidang Keanggotaan dan Pelatihan Badan Pengurus Pusat (BPP) PERHUMAS, Alfred Manayang menyampaikan bahwa PERHUMAS yang hadir pada kunjungan hari ini adalah public relations dari berbagai macam latar belakang. “Yang datang di sini cukup beragam Bapak dan Ibu, ada dari berbagai macam peran. Ada dari korporasi, BUMN, institusi negara, konsultan kehumasan, akademisi kehumasan, kurang lebih aspek kehumasan yang datang ke sini komplet,” kata Alfred. Hal ini diharapkan dapat lebih memperkaya diskusi antara PERHUMAS, Kemensetneg, dan KSP pada kesempatan penerimaan kunjungan hari ini.

Kepala Sekretariat KSP, Yan Adikusuma menyambut baik inisiatif PERHUMAS untuk berkunjung dan berdiskusi dengan Kemensetneg dan KSP, terlebih ada banyak generasi milenial dan para praktisi kehumasan yang telah berpengalaman yang bisa memberikan ide-ide segar untuk memajukan sistem pemerintahan kita saat ini. “Kami ucapkan selamat datang di Kantor Staf Presiden. Kami ajak Bapak, Ibu untuk mengenal Ruang Kendali yang ada di KSP. Dari ruangan inilah, kami men-support pucuk pimpinan dengan data, informasi yang terintegrasi dengan harapan dapat mendukung pengambilan keputusan yang tepat,’’ ujar Yan.

Lebih lanjut, Yan menambahkan apa yang dilakukan di ruangan tersebut dan program kerja apa saja yang telah dilakukan untuk Indonesia ke depannya. Ruang Kendali  merupakan inovasi yang dibangun Sekretariat  Kantor Staf Presiden yang salah satunya berfungsi untuk mengintegrasikan data dan informasi dari seluruh institusi pemerintah. Upaya ini diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong untuk mewujudkan satu data pemerintah yang bisa menjadi rujukan siapa saja sebagai pendukung dalam merumuskan kebijakan, penelitian, dan kegiatan strategis lainnya.


Pertemuan antara Kemensetneg, KSP, dan PERHUMAS diharapkan dapat membuka peluang kerja sama yang strategis untuk saling berkolaborasi dalam menyelaraskan kegiatan-kegiatan kehumasan serta kolaborasi dalam Gerakan Humas Bersama #IndonesiaBicaraBaik untuk Indonesia yang maju (Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
3           0           0           0           0