Dukung Reformasi Birokrasi Tematik, Kemensetneg Luncurkan Aplikasi SIAPP New Version

 
bagikan berita ke :

Kamis, 16 Maret 2023
Di baca 754 kali

Biro Administrasi Pejabat Pemerintahan, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dengan dukunga PT Taspen (Persero) dan Bank Mandiri Taspen, resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pejabat Pemerintahan New Version (SIAPP NV) pada Kamis (16/3). Bertempat di Gedung Kridha Bakti Kemensetneg, Jakarta, grand launching SIAPP NV ini dihadiri oleh 584 instansi baik secara luring maupun daring melalui Zoom dan media sosial Youtube.

Yanti Ariavianti, Kepala Biro Administrasi Pejabat Pemerintahan Kemensetneg menyampaikan bahwa SIAPP NV dapat memfasilitasi pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menyampaikan usulan secara digital, melakukan pengecekan status usulan dan penerimaan salinan dan putusan presiden. Ketiga layanan tersebut dapat pula diakes oleh ASN sebab telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Aparatur Negara (SIASN) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan aplikasi Taspen One Hour Online Service (TOOS) PT Taspen Persero.

“SIAPP NV terbangun melalui kolaborasi yang aktif antara Kemensetneg, BKN, dan PT Taspen (Persero), sehingga SIAPP NV terintegrasi dengan SIASN BKN dan aplikasi TOOS PT Taspen” jelas Yanti saat meyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan.

SIAPP NV membantu Kemensetneg menjalankan fungsinya dalam memberikan dukungan teknis administratif dan analisis kepada presiden terkait usulan pengangkatan dan pemberhentian pejabat pemerintahan dan pejabat lainnya, serta kenaikan pangkat dan pensiun pegawai negeri sipil yang kewenangan penetapannya berada pada atau memerlukan persetujuan presiden.

Melalui SIAPP NV yang dirancang dengan mengusung digitalisasi dan sistem usulan satu pintu, diharap mampu meningkatkan percepatan pelayanan, transparansi dan akuntabilitas kerja, sehingga mendorong terwujudnya pemerintahan yang baik.

Integrasi antara SIAPP NV dengan SIASN BKN dilakukan dalam hal penyampaian usul, pemanfaatan data ASN, serta penyampaian salinan dan petikan terkait putusan presiden. Selain itu, mendukung update data ASN pada SIASN BKN. Terintegrasi dengan TOOS PT Taspen dalam hal data dan  dokumen terkait dengan pensiun  dan petikan keputusan presiden, sehingga dapat mendukung percepatan pemberian pelayanan PT Taspen dalam pencairan tunjangan hari tua, jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, serta pensiun PNS.

Rini Widiyantini, Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi menyebut peluncuran SIAPP NV ini sebagai langkah awal yang bagus dalam mendukung reformasi birokrasi tematik yang sedang diupayakan.

“Dengan adanya SIAPP, Kementerian Sekretariat Negara telah menerjemahkan dengan baik bagaimana layanan publik itu tidak melulu bersentuhan dengan masyarakat atau secara langsung, tetapi dengan menggunakan digital,” ungkap Rini.

Hadirnya SIAPP NV dalam ekosistem birokrasi saat ini selaras dengan arahan dan program prioritas presiden yang tertuang dalam Peraturan Presiden No 132 Tahun 2022 tentang Arsitektur Pemerintahan Berbasis Elektronik. Akselerasi digitalisasi dalam organisasi pemerintahan dipandang menjadi suatu hal penting yang dapat dijadikan sebagai pilar dalam reformasi birokrasi tematik, sehingga masyarakat dapat mendapatkan layanan dari pemerintah secara lebih cepat dan pemerintah mampu untuk mempercepat program-program pembangunan dan langsung berkontribusi  didalamnya.

Aris Widiyanto, selaku Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN juga menambahkan, digitalisasi sudah tidak dapat dihindari lagi dalam pelayanan kepegawaian. Menurutnya, SIAPP NV sangat membantu dalam proses mobilitas data karena dokumen baik dari BKN ke Kemensetneg maupun sebaliknya akan dilakukan oleh sistem.

Deputi Bidang Sekretariat Negara, Nanik Purwanti dalam sambutannya menyampaikan  perkembangan digitalisasi dalam lingkungan pemerintahan sudah massif, namun masih kurang efektif.  Dalam praktiknya masih banyak sistem layanan yang terfragmentasi, terinstansi dan tersektor, hal ini mengakibatkan proses input data yang berulang. Disisi lain, masyarakat juga harus membuat banyak akun untuk ragam layanan berbasis digital yang disediakan pemerintah.

“TOOS, SIAPP dan SIASN juga salah satu contoh belum terintegrasinya aplikasi. Namun upaya kami untuk SIAPP NV ini dapat melakukan korespondensi dengan PT Taspen dan Bank Mandiri Taspen melalui SIASN BKN dan TOOS. Dengan adanya aplikasi SIAPP NV, maka semua proses dilakukan secara digital dan dapat diakses dengan mudah, tentunya sangat efisien,” papar Nanik.

Cukup dengan mengakses aplikasi SIAPP NV, dapat dipilih berbagai jenis layanan baik pengangkatan, pemberhentian, kenaikan pangkat dan pengangkatan serta pemberhentian pejabat-pejabat lain serta pengangkatan staff khusus Menteri. Aplikasi SIAPP NV ini menjadi salah satu contoh untuk praktik baik kegiatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) nasional.

Puncak rangkaian acara peluncuran SIAPP NV dilakukan dengan peresmian secara seremonial aplikasi SIAPP NV oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Secretariat Negara, Nanik Purwanti; Sekretaris  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, Rini Widiyantini; Deputi bidang mutasi kepegawaian Badan kepegawaianNegara, Aris Widiyanto; Deputi bidang Mutasi Kepegawaian Badan kepegawaian negara Aris Widiyanto dan Direktur Operasional PT Taspen (Persero); Ariyandi. Acara ditutup dengan sesi foto bersama tamu undangan. (SYV, ART/Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
2           0           0           2           0