Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Pelepasan Bantuan untuk Palestina

 
bagikan berita ke :

Sabtu, 04 November 2023
Di baca 599 kali

di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Provinsi DKI Jakarta


 

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ini bantuan segera diberangkatkan, jadi dari sini ada dua pesawat memuat 21 ton. Kemudian, sisanya ada di Soekarno-Hatta, lewat pesawat kargo yang memuat lebih banyak, yaitu kurang lebih 30-an ton. Dari sini nanti akan dibawa ke lewat Jeddah, sudah berhenti menunggu antrian untuk masuk ke El Arish, ya. Dari El Arish baru nanti dibawa ke Gaza. Dan juga, barang-barang bantuan yang disalurkan ini adalah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza. Misalnya, penjernih air minum yang disana banyak sekali kesulitan mengenai air bersih, ini kita siapkan. Kemudian juga, alat-alat medis yang diperlukan yang sangat penting, yang diperlukan oleh rumah sakit yang ada di Gaza juga disiapkan selain bahan-bahan makanan yang memang juga diperlukan, termasuk didalamnya obat-obatan. Tapi juga, obat-obatan juga disesuaikan yang tidak memerlukan penyimpanan yang sulit seperti cold storage dan lain-lain, ya, saya rasa itu.

 

Wartawan
Bantuan kedua kapan, Pak?

 

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ini kita melihat bahwa antusias masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, dunia usaha, ini banyak sekali yang ingin menyalurkan bantuannya, sehingga ini akan kita koordinir karena masuknya ke sana juga tidak mudah, kalau pemerintah itu lebih gampang. Sehingga, kita terbuka dan kita harapkan nanti tahap kedua sesegera mungkin, ya.

 

Wartawan
Kemarin jenguk Pak Luhut juga ya?

 

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Oh iya, kemarin saya dari Balikpapan langsung mampir dulu ke Singapura, untuk menjenguk Pak Luhut dan alhamdulillah kondisi beliau semakin membaik. Kita harapkan segera sehat dan sembuh, dan kembali beraktivitas. Dan juga, saya menengok kemarin Bu Pramono Anung di rumah sakit yang berbeda. Saya rasa itu, ya.

 

Wartawan
Terima kasih, Pak.

 




Sumber: https://setkab.go.id/pelepasan-bantuan-kemanusiaan-untuk-palestina-pangkalan-tni-angkatan-udara-halim-perdanakusuma-provinsi-dki-jakarta-4-november-2023-2/