Kolaborasi dengan Media Lokal, Kemensetneg Kunjungi Tribun Jabar

 
bagikan berita ke :

Jumat, 24 Juni 2022
Di baca 143 kali

Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kamis (23/6), melaksanakan media visit ke Tribun Jabar di Bandung. Kunjungan dilakukan untuk mengglorifikasikan pencapaian program pemerintah dan mengajak media bersama  mendiseminasikan Presidensi G20 Indonesia.


Disambut Pemimpin Redaksi Tribun Jabar, Adi Sasono, Pranata Humas Ahli Madya, R. Efa Febryana beserta Tim Humas Kemensetneg dan Redaksi Tribun Jabar juga saling berbagi pengalaman tentang pengelolaan news room dan penyusunan agenda setting.


Program media visit ke Tribun Jabar merupakan upaya Kemensetneg dalam meningkatkan kolaborasi antar media dan mendiseminasikan informasi serta mengedukasi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang tepat.


“Tujuan utama dari kunjungan kami, yang pertama yakni silaturahmi ke media-media lokal. Media lokal dinilai memilki ciri khasnya tersendiri karena masyarakat lokal mau membaca, mendengarkan, dan menyerap berita-berita,” ujar Efa dalam sambutannya.


Efa menerangkan, perkembangan teknologi informasi secara tidak langsung menambah pola komunikasi informasi pada media-media lokal. Melalui visitasi ke Tribun Jabar, Tim Humas Kemensetneg juga mendapatkan pengetahuan mengenai pengelolaan informasi pada media lokal.


Adi Sasono menjelaskan Tribun Jabar berusaha untuk menjadi wajah dari berita-berita di daerah. Memperluas jaringan pemberitaan. Media lokal ini juga akan meluncurkan tribunpapua.com yang berarti Tribun segera berada pada 34 provinsi di Indonesia.





Sudah berjalan sekitar 20 tahun berkarya, Tribun Jabar mengawali jaringan pemberitaan dengan nama Metro Bandung yang mengangkat dan menyebarkan informasi sekitar Bandung saja. Terus bergerak, Tribun Jabar mulai menyajikan pemberitaan secara daring melalui kanal-kanal media seperti web, media sosial, dan sebagainya.


“Sejak sebelum pandemi Covid-19, kami mulai mendirikan unit-unit yang lebih kecil untuk mengakomodasi kelompok-kelompok masyarakat yang mungkin tidak terwakili oleh pengelola yang berbasis provinsi,” terang Adi.


Dalam kesempatan media visit ini, Tim Biro Humas Kemensetneg dan Tribun Jabar ke depannya akan berkolaborasi dalam pengelolaan informasi acara-acara yang diselenggarakan secara nasional. Kunjungan ditutup dengan saling bertukar cendera mata. (IKI/DEW/YLI-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0