Kulik Nilai Sejarah Tersendiri, Masyarakat Bisa Lihat Mobil Kepresidenan di Pameran

 
bagikan berita ke :

Jumat, 19 Agustus 2022
Di baca 1058 kali

Masih berlangsung di Sarinah, Jakarta, terpantau ramai dikunjungi masyarakat, Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan yang digelar Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dalam rangka meriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI . Sejak Sabtu, 13 Agustus 2022 lalu, mulai dari kalangan berusia anak-anak hingga dewasa terlihat tertarik melihat-lihat beberapa mobil Kepresidenan yang berjejer rapi di area Lobi Plaza Selatan, Sarinah.

Selain koleksi arsip yang mengisahkah perjalanan para Presiden RI, pada pameran bertema “Indonesia Menjawab”, sebanyak tujuh mobil Kepresidenan dari masa ke masa juga dipertunjukan.

Dimulai dari era Presiden RI pertama, Sukarno. Mobil Buick merupakan mobil Kepresidenan pertama yang dimiliki pemerintah Indonesia. Mobil pabrikan Amerika yang diproduksi pada 1939 ini, dipakai Bung Karno dalam menjalankan tugas kesehariannya. Dahulunya, Buick adalah milik Departemen Perhubungan Bangsa Jepang dan pada 1979 Buick dihibahkan Kemensetneg sebagai koleksi Museum Joang 45.

Mobil berikutnya yaitu Mercedes-Benz S Class S280 yang diproduksi 1980. Disebut Mercy Barong, mobil ini dahulunya digunakan oleh Presiden Soeharto, Ibu Tien Soeharto, Presiden B. J. Habibie, dan Presiden Abdurrahman Wahid.

Ketiga adalah Mercedes-Benz S Class W126. Dilengkapi anti peluru (bullet proof), mobil ini dilapisi plat baja pada body bagian dalamnya. Mercedes- Benz S Class W126 merupakan generasi kedua Mercedes yang juga dipakai tiga Presiden RI seperti S Class S280.




Selanjutnya adalah dua buah unit Cadillac Fleetwood Brougham. Mobil yang diproduksi Amerika pada 1980 ini, memiliki panjang hingga enam meter. Mobil ini juga digunakan oleh Presiden B.J. Habibie serta biasa dipakai untuk melayani para Tamu Negara yang berkunjung ke Indonesia dan acara-acara Credential Duta Besar.

Menjadi merek mobil andalan asal Jerman, salah satu mobil Kepresidenan yang ikut ditampilkan pada pameran adalah Mercedes-Benz S Class W140. Pada mobil ini dirancang dengan ban yang menggunakan flat tire (ban mati). Pada kasus ban pecah, mobil ini masih dapat berjalan sejauh 40 km. Dipakai masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tentunya S Class W140 ini dilengkapi anti peluru.

Masih dari Mercedes-Benz, di 2008 Kemensetneg membeli S600 Guard W221. Mobil bullet proof dengan fitur canggih ini digunakan di era Presiden SBY. Sampai saat ini, mobil tersebut masih aktif digunakan Presiden Joko Widodo.

Ketujuh mobil Kepresidenan yang ditampilkan dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat di Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan hingga 22 Agustus 2022 mendatang.




“Sekretariat Presiden menampilkan tujuh mobil Kepresidenan dalam pameran ini agar masyarakat Indonesia juga bisa tahu, masing-masing mobil tersebut punya sejarah dan cerita menarik. Semua mobil Kepresidenan saat digunakan Presiden pada masanya selalu dirawat agar mobil tersebut dapat berjalan normal, karena punya nilai sejarah tinggi. Untuk mobil Buick pemeliharaannya berada di Gedung Joang 45 dan S 600 Guard pemeliharaannya berada di Paspampres,” ujar Eris Risman, Kepala Subbagian Pemeliharaan Kendaraan, Sekretariat Presiden. (DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0