Menjadi Bagian Sejarah Indonesia, Masyarakat Indonesia Bisa Ikuti Festival Kemerdekaan Virtual

 
bagikan berita ke :

Jumat, 30 Juli 2021
Di baca 144 kali

Berlangsung secara virtual, Jumat (30/7), Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, serta Staf Khusus Presiden RI, Putri Tanjung menggelar konferensi pers terkait Launching Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia. Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 yang bertema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” akan diselenggarakan dengan sangat minimalis mengingat situasi pandemi Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta fokus pada kegiatan-kegiatan virtual.

Dinamakan bulan kemerdekaan, menurut Pratikno karena diawali pada 1 Agustus 2021 mendatang dan selama sebulan penuh rakyat Indonesia akan berpartisipasi dalam acara maupun kegiatan bersifat meriah (festive) serta acara kenegaraan yang rutin dilaksanakan pada HUT Ke-76 Kemerdekaan RI.

Semaraknya peringatan kemerdekaan tahun ini akan tetap menggelar acara-acara kenegaraan seperti Pengukuhan Paskibraka, Penganugerahan Tanda Kehormatan, Pidato Kenegaraan, Pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi, dan Penurunan Bendera. Terkait pandemi yang masih berlanjut, tentu format secara fisik berbeda dan protokol kesehatan sangat dijaga. Untuk masyarakat yang ingin berpartisipasi, tetap dapat mengikuti berbagai agenda kemeriahan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI ini dalam ruangan arena digital yaitu Rumah Digital Indonesia.


“Jadi semangatnya adalah bahwa bulan kemerdekaan ini adalah milik kita bersama. Kita rayakan bulan kemerdekaan secara khidmat, kita petik semangat juang kemerdekaan, dan tentu saja yang paling utama adalah ekspresinya kita harus berpartisipasi, dan kemudian bersama-sama, bekerja sama, dan bergotong royong. Salah satu ekspresi ini tentu saja adalah bagaimana kita bukan hanya merayakan ikut berpartisipasi dalam rumah digital, tapi juga di dalam rumah digital pun kita menyediakan ruang untuk saling menolong dan saling membantu dalam menghadapi pandemi ini,” ujar Mensesneg.

Pembuatan Rumah Digital Indonesia merupakan gagasan yang cerdas dan luar biasa dan menjadi bagian penting dalam perayaan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI. “Ini merupakan wujud dari ketangguhan kita sebagai bangsa dan sebagai negara. Ini juga merupakan wujud kecepatan kita beradaptasi yang memungkinkan keterbatasan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, tidak menghalangi kita sebagai bangsa dalam penghayatan kita terhadap nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme yang secara khusus menyediakan ruang untuk kegembiraan masyarakat di dalam menyambut HUT Ke-76,” ucap Menkominfo sebagai Dewan Pengarah Rumah Digital Indonesia.


Kementerian Kominfo mendukung gagasan Rumah Digital Indonesia karena utilisasi platform digital yang diusung memiliki satu tarikan nafas dalam objektif tugas pokok Kementerian Kominfo dan juga semangat mendorong inovasi teknologi sebagai bagian serta solusi yang membawa manfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Sebagai Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia, Putri Tanjung menilai semangat kemerdekaan antar anak bangsa yang hadir di bulan Agustus menjadi warna langit tersendiri. Ketika kondisi mengharuskan masyarakat di rumah saja dan ketika tidak memungkinkan untuk berkumpul bersama, teknologi dapat mempertemukan dalam dunia virtual yang mewadahi masyarakat Indonesia merasakan semarak kemerdekaan. Selain itu, masyarakat pun dapat berpartisipasi aktif dan berkolaborasi dengan pengalaman berbeda lewat Rumah Digital Indonesia.

“Seperti pesan Bapak Presiden, Rumah Digital Indonesia hadir sebagai wadah dan partisipasi kebersamaan di mana kita bisa merayakan kemerdekaan tanpa ada sekat, berkolaborasi menikmati karya yang bisa dinikmati bersama, mengapresiasi produk UMKM karya anak bangsa pastinya, dan belajar lebih mengenal Indonesia dengan segala kekayaan ragam budaya serta keindahannya,” kata Putri.


Banyak aktivitas menarik yang biasa dilakukan secara offline, kini dipindahkan secara online. Putri memaparkan beberapa ruang di Rumah Digital Indonesia yang bisa dieksplorasi masyarakat. Pertama adalah Ruang Arena Perlombaan yang bisa diikuti secara virtual seperti lomba balap karung, makan kerupuk, dan tarik tambang.

Kedua adalah Ruang Seni dan Budaya di mana beragam video kreativitas ditayangkan, mulai dari nyanyian, tarian, puisi, bahkan film pendek. Kemudian yang ketiga, ada Ruang Pasar Lokal berisi bazar virtual produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang dapat terhubung dengan empat marketplace.

Ruang keempat yaitu Petualangan Nusantara dengan sebuah peta interaktif yang menggambarkan peta Indonesia dengan berbagai informasi, seperti destinasi wisata unggulan, kuliner khas daerah, dan  wajah Indonesia. Kelima, Ruang Komunitas dan Literasi Gigital, di mana ada banyak sekali konten menarik, mulai dari aktivitas perayaan kemerdekaan dari masyarakat, cerita Indonesia yang menarik, dan literasi digital berisi konten video yang mengajak masyarakat untuk memanfaatkan internet dalam kegiatan edukatif dan produktif.


Tidak kalah seru, Putri juga menjelaskan tentang Panggung Nasional yang juga ada dalam ruang-ruang Rumah Digital Indonesia yang merupakan panggung tempat berlangsungnya Acara Pembuka dan Acara Puncak Rumah Digital Indonesia. Mulai dari konser kolaborasi nusantara, bincang bangsa dengan figur inspiratif, agenda kenegaraan, dan hiburan lainnya.

Masyarakat Indonesia bisa menjadi bagian dari sejarah dengan mengikuti festival kemerdekaan melalui www.rumahdigitalindonesia.id, yang dapat diakses mulai 1 Agustus 2021 mendatang.

(DEW/YLI/SRN-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0