Mensesneg Hadiri Festival LIKE 2023

Indonesia  | English
bagikan berita ke :

Sabtu, 16 September 2023
Di baca 580 kali

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mambuka Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan 2023 (LIKE) yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di Indonesia Arena, Kawasan GBK, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Festival yang akan berlangsung selama tiga hari ke depan merupakan rangkaian Road to COP 28 UNFCCC, yang akan digelar di Dubai, UEA akhir November 2023.

Dalam sambutannya, Mensesneg Pratikno menerangkan bahwa Indonesia merasakan dampak pengelolaan lingkungan yang tidak baik. Di antaranya, polusi udara serta banjir dan kekeringan di beberapa daerah. Ditambah  pula dengan krisis pangan yang mulai melanda negara-negara lain di dunia. Oleh karena itu, sangat penting bagi industri maupun perusahaan memanfaatkan momentum untuk memecahkan masalah.

“Momentum untuk sustainable dan inclusive growth. Jadi, di satu sisi kita menyelamatkan lingkungan dan di saat yang bersamaan kita juga menyejahterakan petani, peternak, warga pesisir dan masyarakat umum,” ucap Mensesneg.


Festival LIKE 2023 adalah ajang mengenalkan aktualisasi kerja dan langkah-langkah korektif kebijakan serta implementasi pada sektor kehutanan dan lingkungan hidup yang  menerapkan beberapa prinsip. Pertama, mendorong masyarakat untuk produktif melalui akses kelola hutan sosial. Kedua, meningkatkan upaya pemulihan lingkungan dengan indikator pengendalian deforestasi. Ketiga, dunia usaha untuk pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah. Keempat, eksplorasi sumber daya untuk pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT). Kelima, Pemanfaatan teknologi untuk usaha-usaha produktivitas.

Penerapan beberapa prinsip tersebut diterapkan melalui kegiatan yang diatur dalam empat tematik materi pada Festival LIKE 2023 yaitu Komitmen Energi Baru Terbarukan pada Zona Biru; Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 (keseimbangan emisi sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya) pada Zona Hijau; Inovasi Pemulihan Lingkungan pada Zona Kuning; dan Masyarakat Sejahtera Alam Lestari pada Zona Ungu.

Selain dengan akses masuk gratis bagi pengunjung, berbagai kegiatan akan meramaikan Festival LIKE 2023 pada masing-masing zona, antara lain yaitu pameran, demo inovasi, seller meet buyer, coaching clinic, perlombaan, dan  pertunjukan seni budaya serta musik.

Melalui gelaran yang terbuka untuk umum secara gratis, sebagai penyelenggara, KLHK berharap dapat menunjukan hasil-hasil kerja nyata pemerintah, khususnya di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. (DEW-YLI- Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
2           0           0           0           0