Pembukaan Toko Souvenir dan Resto Sekretariat Negara

 
bagikan berita ke :

Senin, 26 Mei 2008
Di baca 2658 kali

230508aa.jpg Menjelang dibukanya Istana untuk Rakyat yang akan dimulai esok, hari Sabtu 24 Mei, Sekretariat Negara turut bersiap menyambut masyarakat Indonesia yang ingin mengunjungi Istana Presiden yang merupakan salah satu simbol kepemimpinan negara. Untuk itu Sekretariat Negara membuka fasilitas kantin dan toko cinderamata yang baru saja dipugar. Pembukaan toko cinderamata dan kantin pada Hari Jumat, (23/5) dibuka oleh Ibu Hj. Okke Hatta Rajasa selaku Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Negara.

Acara yang dimulai pukul 9 pagi ini diawali dengan sambutan dari Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Negara, Ibu Bambang Prajitno dan sambutan dari Ibu Hj. Okke Hatta Rajasa selaku Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Negara.


Acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita di pintu masuk Toko Souvenir oleh Ibu Hj. Okke Hatta Rajasa. Di dalam toko Ibu Okke Hatta Rajasa yang didampingi oleh Ibu Bambang Prajitno, Ibu Ibnu Purna, Ketua Koperasi dan Kepala Biro Umum Taufik Sukasah menyempatkan diri untuk melihat-lihat toko yang berisi barang dagangan dari DWP di seluruh Sekretariat Negara.


Mulai dari DWP Sekretariat Wakil Presiden yang menampilkan barang-barang kerajiaan tangan kreasi DWP Setwapres semacam selendang dari batik, baju muslim, kerajinan dari kayu, tas dari anyaman sampai mug dan hiasan pulpen tersedia di bagian DWP Setwapres, begitu juga dengan DWP Sekretariat Militer dan Sekretariat Negara yang lebih banyak menampilkan aksesori, hiasan dan tas buatan tangan (hand made). Sedangkan di bagian DWP Rumah Tangga Kepresidenan atau Rumga, tersedia berbagai macam barang mulai dari pin, dasi, kaos, mug, topi, rompi, jaket dan barang lainnya dengan logo kepresidenan. Bahkan foto maupun sketsa Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono pun bisa dibeli oleh masyarakat yang ingin membawa kenang-kenangan dengan simbol kepresidenan. Harga dari berbagai cinderamata ini sendiri mulai dari Rp 7.500 sampai ratusan ribu.


Setelah melihat-lihat toko souvenir, rombongan beralih ke Resto Sekretariat Negara yang baru dipugar kembali. Resto atau lebih dikenal dengan kantin ini interiornya dibuat semakin modern dan semakin nyaman. Desain etalase resto yang menampilkan berbagai pilihan menu makanan Indonesia, kini terlihat lebih menggugah selera. Deretan kursi makan warna merah putih dan tambahan jumlah meja untuk pengunjung, menjadikan resto ini layak dikunjungi berbagai lapisan masyarakat. Dan untuk menjaga kebersihan kantin, kini di dalam kantin ataupun di toko souvenir tidak diperbolehkan merokok.


Toko Souvenir Sekretariat Negara sendiri didesain memiliki teras luas dengan beberapa kursi tunggu yang nyaman, disediakan juga pojok jajanan ringan berisi makanan dan minuman kecil. Di teras ini juga terdapat televisi dan beberapa blower untuk menunjang kenyamanan pengunjung yang menunggu giliran masuk Istana. Selain menjadi tempat bagi masyarakat yang berkunjung ke Istana untuk membeli cinderamata, toko Souvenir Sekretariat Negara juga sebagai tempat pendaftaran pengunjung serta tempat penitipan barang-barang pribadi, seperti kamera, handphone, ataupun tas.


Seperti berita sebelumnya, Wisata Istana sementara ini akan dibuka pada Sabtu dan Minggu, mulai pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB. Targetnya Wisata Istana ini akan dibuka lima hari dalam seminggu, yaitu hari Selasa - Kamis dan Sabtu serta Minggu. Tur akan ditutup pada hari Senin dan Jumat. (REDAKSI)


Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           0           0           0           0