Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

 
bagikan berita ke :

Senin, 12 November 2007
Di baca 2308 kali

Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari Sabtu (10/11) pagi bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Presiden SBY hadir didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta Wapres JK dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla,

Selaku Irup, Presiden memimpin mengheningkan cipta, dengan iringan lagu Gugur Bunga, Seluruh peserta upacara yang terdiri dari para veteran, perwira TNI seluruh angkatan, Dharma Wanita, Korpri, mahasiswa dan pelajar, menundukkan kepala.
Upacara yang dilaksanakan dengan penuh khidmat tersebut dilanjutkan dengan peletakan sebuah karangan bunga di Tugu Pahlawan Kalibata oleh Irup, disusul dengan pembacaan doa yang dipimpin Menag Maftuh Basyuni, dan selanjutnya ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan, dipimpin Komandan Upacara, Kolonel Inf. Agus Suryabakti.

Usai upacara, Presiden beserta rombongan melakukan ziarah dan tabur bunga di 14 makam pahlawan, antara lain mantan Wapres RI Adam Malik, Jendral TNI (Purn) Ahmad Yani, Letjen TNI (Purn) RD Suprapto, Letjen TNI (Purn) MT Hardjono, Mayjen (Purn) S. Parman, Mayjen (Purn) Soetojo Siswomihardjo, dan mantan Wapres RI Sudharmono. Di makam Sudharmono, SBY sempat berbincang-bincang sejenak dengan Ibu Sudharmono. Rombongan juga ziarah dan tabur bunga di makam mantan Wapres Umar Wirahadikusuma, Jendral Besar TNI (Purn) AH Nasution, Jendral (Purn) Edi Sudradjat, Jenderal (Purn) H. Rudini, Ruslan Abdulgani, serta Achmad Tahir. Acara tabur bunga ini kemudian diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Turut hadir dalam upacara memperingati Hari Pahlawan di TMP Kalibata ini antara lain Ketua MPR-RI Hidayat Nurwahid, Ketua DPR-RI Agung Laksono, Ketua DPD -RI Ginanjar Kartasismita, Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Panglima TNI Marsekal Djoko Suyanto, KASAD Jenderal TNI Djoko Sansoso, KASAL Laksamana Madya Sumardjono, KASAU Marsekal Herman Prayitno, serta Kapolri Jend. Sutanto. SBY beserta rombongan meninggalkan lokasi pada pukul 08.45 WIB. Sebelum meninggalkan lokasi, rombongan memberikan penghormatan terakhir untuk arwah para pahlawan.

 

Sumber:
http://www.presidensby.info/index.php/fokus/2007/11/10/2403.html

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           2           4           0           0