Predikat Stan Terbaik SAIK 2018 Kembali Diraih Kemensetneg

 
bagikan berita ke :

Rabu, 05 Desember 2018
Di baca 1316 kali

 

Selasa (5/12), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) ikut berpartisipasi dalam kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2018 yang ditutup dengan Anugerah Media Humas (AMH). AMH bertujuan untuk memberikan apresisasi kepada seluruh praktisi bidang kehumasan dari berbagai Kementerian/Lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik daerah (BUMD), Pemerintah Pusat dan Daerah serta Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah dengan gigih mempersiapkan segala sesuatu untuk mengikuti AMH.

AMH ke-13 digelar di Ball Room Novotel, Kota Tangerang. Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rosarita Niken Widiastuti dalam sambutannya menerangkan fokus AMH tahun ini. “Tahun ini kami melakukan penyesuaian kategori perlombaan AMH. Fokusnya pada aktifitas kehumasan yang terukur, berdampak nyata ke publik. Ini menjadikan komitmen bersama seluruh Humas untuk mengkomunikasikan program prioritas pemerintah sesuai dengan Intruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pengelolan Komunikasi Publik,” ujar Niken.

Pada acara AMH ke-13 ini ada empat kategori lomba yang dinilai yakni Kategori Penerbitan Media Internal, Siaran Pers/Pemberitaan, Pelayanan Informasi Melalui Internet, dan Media Sosial. Selain keempat  kategori lomba ini, pada malam AMH juga memberikan apresiasi untuk stan pameran dari berbagai Kementerian/Lembaga, BUMN (D), Pemerintah Pusat dan Daerah serta PTN. Penjurian untuk stan terbaik dilakukan pada saat acara kegiatan SAIK berlangsung, tanggal 2 s.d. 4 Desember 2018 di Alun-alun Kota Tangerang. Untuk Stan Pameran Terbaik diraih oleh

  1. Terbaik: Kementerian Sekretariat Negara
  2. Terfavorit: Kementerian Pariwisata
  3. Pelayanan Terbaik: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  4. Dekorasi Terbaik: Kementerian Perhubungan
  5. Terinovatif: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Kemensetneg berhasil meraih penghargaan Stan Pameran Terbaik untuk kali kedua, setelah sebelumnya pada SAIK 2017 di Palembang sukses merebut predikat Stan Pameran Terbaik.

AMH kali ini dirasakan berbeda dengan sebelumnya. Institusi yang meraih gelar juara pun lebih beragam, artinya semua institusi betul-betul berlomba memperbaiki diri bukan hanya untuk meraih predikat juara di malam AMH namun perbaikan itu dilakukan demi memberikan pelayanan terbaik kepada publik.

Untuk Pemenang Kategori Penerbitan Media Internal kelompok Kementerian/Lembaga, BUMN (D), dan Universitas diraih oleh (1) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), (2) Kementerian Keuangan, dan (3) Universitas Indonesia. Sedangkan juara kategori Penerbitan Media Internal kelompok Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yakni (1) Provinsi DKI Jakarta, (2) Kota Surabaya, dan (3) Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya untuk kategori Siaran Pers/Pemberitaan kelompok Kementerian/Lembaga, BUMN (D), dan Universitas diraih oleh (1) Kementerian Pariwisata, (2) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan (3) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kategori Siaran Pers/Pemberitaan untuk kelompok Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota diraih (1) Provinsi Jawa Barat, (2) Kabupaten Padang Pariaman, dan (3) Kabupaten Kudus.

Kategori ketiga yang diumumkan pada malam AMH ke-13 yakni Kategori Pelayanan Informasi Melalui Internet. Untuk kelompok Kementerian/Lembaga, BUMN (D), dan Universitas diraih oleh (1) Kementerian Keuangan, (2) Universitas Padjajaran, dan (3) Komisi Yudisial. Sedangkan untuk kelompok Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota diraih oleh (1) Kota Tangerang, (2) Kabupaten Bojonegoro, dan (3) Kota Bandung.

Media Sosial menjadi kategori terkahir yang diumumkan pada malam AMH. Untuk kelompok Kementerian/Lembaga, BUMN (D), dan Universitas diraih oleh (1) Kementerian Kelautan dan Perikanan, (2) Bank Indonesia, dan (3) Institut Teknologi Bandung. Juara Kategori Media Sosial kelompok Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota diraih oleh (1) Kota Bandung, (2) Kota Bekasi, dan (3) Kota Tangerang.

Tak kalah seru, acara AMH juga memberikan apresiasi pada acara Festival Media Tradisional Pertunjukkan Rakyat Tingkat Nasional 2018. Sutradara Terbaik diraih Dadan Ramdani dari Provinsi Jawa Barat, Pemeran Wanita Terbaik diraih Sri Rahayuningsih dari Provinsi Jawa Tengah, dan Pemeran Pria Terbaik diraih Suherman dari Sulawesi Barat. Selanjutnya Penampilan Terbaik dengan posisi pertama Jawa Barat, kedua Sumatra Barat, dan ketiga Sumatra Utara.

Selanjutnya, acara AMH berakhir dengan pengumuman juara umum. Juara umum pada tahun 2018 diberikan kepada Kementerian Keuangan.

“Pada kesempatan malam ini kami mengucapakan terimaksih pada seluruh Kementerian/Lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pemerintah Pusat dan Daerah serta Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah berpartisipasi mengikuti AMH. Terakhir kami ucapkan selamat kepada Bapak/Ibu yang mendapatkan AMH, untuk yang belum mendapatkan tetap semangat karena tahun depan akan tetap menyelengarakan AMH, sehinga kekurangan yang ada tahun ini bisa diperbaiki untuk AMH di tahun akan datang,” Tututp Niken. (KAN - Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           0           0           0           0