Presiden Berikan Perhatian Kesejahteraan Guru

 
bagikan berita ke :

Senin, 26 November 2007
Di baca 1003 kali

Di hadapan ribuan para guru pada puncak peringatan Hari Guru Nasional yang dipusatkan di Pekanbaru, Riau, Minggu, Presiden mengatakan bahwa pemberian tanda kehormatan Satya Lencana bidang pembangunan pendidikan ini didasarkan atas kepedulian kepada para kepala daerah atas perkembangan dunia pendidikan serta kesejahteraan para guru.

"Kami semua bangga atas prestasi telah kalian capai, karena atidak semua kepala daerah dapat melakukan hal itu, oleh karenanya haruslah dicontoh daerah lain, caranya dengan meningkatkan anggaran pendidikan dan memperhatiakn nasib dan kesejahteraan guru sesuai kemampuan daerah masing-masing," katanya.

Presiden juga menegaskan, untuk tahun 2007 sebanyak 351 guru honor sudah diangkat menjadi pegawai negeri sipil mendapatkan nomor induk pegawai (NIP), dan dengan harapan tahun 2009 seluruh tenaga honor termasuk guru honor akan diangkat menjadi PNS.

Sementara Bupati Musi Banyuasin (Muba), H. Alex Noerdin yang merupakan salah satu dari sebelas bupati/walikota di tanah air menerima Satya Lencana bidang pendidikan dari pemerintah tersebut mengatakan, program sekolah gratis dan anggaran dana pendidikan sudah melebihi amanat undang-undang menjadi salah satu faktor membuatnya meraih penghargaan.

Kendati demikian, lanjutnya, sejak awal penerapan sekolah gratis dilakukannya sering mendapat cemoohan dari sebagian orang bahwa sekolah gratis tidak mendidik dan tidak berkualitas.

Kenyataannya sejak digulirkannya program tersebut tahun 2002 dengan meningkatkan anggaran pendidikan di atas 20 persen dari APBD setempat atau mencapai Rp341 miliar, anggapan tersebut adalah bertolak belakang.

"Kita sambil berjalan di samping mewajibkan seluruh anak-anak harus bersekolah tanpa dipungut biaya, kwalitas pendidikan, infrastruktur termasuk sumber daya manusia pendidik itu sendiri terus ditingkatkan," katanya.

Penghargaan tersebut diraih karena dinilai pemerintah telah berjasa besar terhadap pembangunan bidang pendidikan.

Sementara sebelumnya serangkaian acara yang sama juga telah diserahkan tanda penghargaan Widya Praja dari PB PGRI yakni tanda penghargaan karena dinilai telah berjasa dalam memajukan pembangunan bidang pendidikan kepada lima gubernur antara lain gubernur Sumsel, Syahrial Oesman, gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad dan gubernur Riau Rusli Zainal.

 

Sumber:
http://www.antara.co.id/arc/2007/11/26/presiden-berikan-perhatian-kesejahteraan-guru/

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0