Presiden Terima Kunjungan Sejumlah Pimpinan Negara Sahabat Sebelum Dilantik

 
bagikan berita ke :

Minggu, 20 Oktober 2019
Di baca 187 kali

Minggu (20/10), Sejumlah pimpinan negara sahabat diterima Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Di sore hari, para pimpinan negara sahabat tersebut akan menghadiri Pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Gedung DPR/MPR RI.

 

 

 

 

 

Sekitar pukul 09.00 WIB, Presiden dan Ibu Negara Iriana menyambut Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah di sisi barat Istana Merdeka dan dilanjutkan dengan foto bersama dan penandatanganan buku tamu. Tampak mendampingi penyambutan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.


Di Ruang Kredensial Istana Merdeka, Presiden didampingi Ibu Negara melakukan pembicaraan dengan Sultan Brunei. Setelahny, Jokowi juga menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri Australia Scott Morrison beserta istri, Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong beserta istri, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Raja Eswatini Mswati III beserta istri.

Para pimpinan negara sahabat yang diterima bermaksud memberikan ucapan selamat kepada Presiden yang telah dipercaya untuk kembali memimpin Indonesia periode 2019-2024 mendatang.


“Para tamu menyampaikan tentunya ucapan selamat kepada presiden untuk masa jabatan berikutnya dan beliau semuanya yakin bahwa presiden dan wakil presiden akan dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Yang kedua, mereka menyampaikan komitmen untuk terus memperkuat kerja sama bilateral dengan Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri dalam keterangannya di Istana Merdeka.

Retno menyampaikan pertemuan dengan Sultan Brunei yaitu untuk memperkuat kerja sama dan berterima kasih atas kontribusi Indonesia mendukung pembangunan ekonomi di Brunei Darussalam. Dengan Australia pertemuan bersifat tet-a-tet. Kemudian dengan Singapura dilakukan pembahasan tentang tindak lanjutbterkait digital ekonomi. Retno juga mengatakan Indonesia ingin memperkokoh hubungan ekonomi dengan Kamboja. Terakhir dengan Raja Eswatini, Presiden Jokowi tertarik untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur.

Menjelang sore hari, Presiden Joko Widodo akan dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 bersama Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin. (Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0