Rangkaian Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Berlangsung Khidmat dan Meriah

 
bagikan berita ke :

Kamis, 18 Agustus 2022
Di baca 1158 kali

Melihat animo masyarakat yang sangat ingin dapat mengikuti jalannya upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, Istana Kepresidenan untuk pertama kalinya menggelar Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI secara hybrid (luring dan daring), pada Rabu (17/8).Tahun ini, sebanyak 4.500 udangan dapat hadir mengikuti rangkaian upacara secara langsung di Halaman Istana Merdeka, sementara 77.000 undangan virtual terdaftar mengikuti upacara melalui media elektronik.

Melalui Ruang Undangan Virtual, di Gedung Krida Bhakti, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menyapa  77 ribu tamu undangan virtual Upacara Peringatan HUT RI yang terbagi ke dalam 50 room. Para undangan virtual tersebut terdiri atas para perwakilan RI di luar negeri, para Anggota Lembaga Negara, para Pejabat Tinggi TNI POLRI, para Pejabat Eselon I di kementerian/lembaga, para Gubernur, para Bupati dan Walikota, para Pimpinan di Tingkat Kabupaten, para Direksi dan Komisaris BUMN, serta seluruh lapisan masyarakat yang bergabung dalam video conference melalui media elektronik.

“Kami Sekretariat Presiden, berkomitmen memberikan kontribusi yang berharga pada Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI. Bagi seluruh lapisan masyarakat baik secara luring dan daring, semoga seluruh masyarakat yang hadir secara virtual dapat menikmati ragam acara yang ditampilkan,” ucap Heru.



Sementara, sejak pukul 06.00 WIB, terpantau deretan undangan yang tengah mengantre di pintu masuk Jalan Merdeka Utara sisi barat dan sisi timur, untuk memasuki area upacara yang berlangsung di halaman Istana Merdeka. Para tamu undangan yang berkesempatan hadir kali ini, tentunya telah mengikuti aturan sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pada Peringatan HUT RI Tahun 2022, di Istana Merdeka.

Kerinduan masyarakat untuk hadir pada Upacara Peringatan  HUT RI dapat terobati. Usai mengikuti berlangsungnya upacara, salah seorang undangan mengungkapkan kegembiraanya, “Seru banget, ini pengalaman saya yang kedua bisa ikut upacara di Istana Merdeka. Saya merasa senang dan rasa nasionalisme diri terasa naik berjuta kali,” kata Windy Iwandi.

Begitu pula dengan Rafli Zulkarnaen, ia menyampaikan, “Rasa upacaranya seperti dalam pesta rakyat karena ada pementasan kebudayaan dari berbagai daerah. Selain itu juga, ada tampilan dari paskibraka tentunya. Juga pesawat tempur dan helikopter TNI POLRI yang beraksi di udara, keren dan meriah sekali”.

Tidak terlewatkan, barisan warga yang juga tampak ramai mengikuti rangkaian Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI mulai kirab bendera, pasukan TNI POLRI yang baris-berbaris memasuki area Istana. Melalui seberang jalan di luar pagar Istana Medeka, masyarakat terlihat antusias mengabadikan berbagai prosesi menggunakan ponselnya. (DEW/SRN-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
2           0           0           0           2