SAHURUN, Lari Tak Biasa di Bulan Puasa

 
bagikan berita ke :

Sabtu, 30 Maret 2024
Di baca 242 kali

Bulan Ramadan merupakan bulan yang selalu dinantikan, khususnya bagi umat muslim di seluruh dunia. Bulan suci yang penuh dengan keberkahan ini dikenal juga dengan bulan puasa. Bagi umat muslim berpuasa menjadi sebuah kewajiban yang harus dijalani namun bukan berarti menjalankan ibadah puasa kegiatan berolahraga menjadi tersingkirkan.

 

Olahraga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja yang penting ada niat dan mau menjalankannya. Kegiatan olahraga tidak dapat dipaksakan melainkan harus dilaksanakan dengan kesadaran masing-masing individu. Kini, kesadaran masyarakat akan hidup sehat kini menjadi gaya hidup atau lifestyle. Ini terlihat dari antusias masyarakat yang berolahraga di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) bahkan pada saat bulan puasa ini. Baik pagi, sore, maupun malam hari, masyarakat tetap memadati Kawasan GBK yang dikenal sebagai komplek olahraga terbesar di Indonesia, untuk berolahraga dengan berjalan kaki maupun lari.

 

Tahun ini untuk pertama kalinya Manajemen GBK sebagai Pusat Pengelola Komplek (PPK) GBK yang merupakan Badan Layanan Umum di bawah Kementerian Sekretariat Negara mengakomodasi kegiatan SAHURUN yang digelar oleh Quscore Indonesia. SAHURUN merupakan kegiatan Charity Fun Run yang dilaksanakan pada momen bulan Ramadan untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan saling berbagi. Kolaborasi yang apik terjalin antara komunitas lari dan awak media olahraga menjadikan kegiatan ini sebagai ajang bagi Masyarakat, khususnya para penghobi lari untuk berolahraga dan berbagi dengan sesama.

 

“SAHURUN bertujuan mengajak masyarakat untuk tetap aktif berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik di bulan Ramadan dalam bentuk kegiatan Night Run yang dilanjutkan dengan Sahur Bersama. SAHURUN juga terbilang kompetisi lari yang tidak biasa karena dilakukan pada malam hari di bulan Ramadan. Setelah menyelesaikan lari, peserta melanjutnya kegiatan makan sahur “All You Can Eat” sambil mengikuti challenges dan menunggu pembagian doorprize bagi mereka yang beruntung. Selain itu, melalui ajang ini dilakukan pengumpulan donasi yang akan diberikan kepada sesama yang membutuhkan,” ujar Fitrizal perwakilan dari Quscore Indonesia.

 


Foto: Quscore Indonesia

 

SAHURUN dengan jarak tempuh sejauh 5 km berkeliling Kawasan GBK dilaksanakan tanggal 29 Maret 2023 mulai pukul 23.00 WIB hingga tanggal 30 Maret 2024 pukul 03.00 WIB. SAHURUN menuai sukses diajang perdananya dengan peserta yang mencapai 2.000 orang yang terbagi dalam 2 kategori yaitu putra dan putri.  Panitia penyelenggara menyediakan hadiah uang tunai mulai dari Rp.500.000,- hingga Rp.2.500.000, tiket mudik senilai Rp. 5.000.000,- dan berbagai macam hadiah menarik lainnya.

 

Dengan berolahraga rutin, badan menjadi sehat dan bugar di bulan Ramadan, silaturahmi pun tetap terjaga. Selamat menjalankan ibadah puasa yaa #SobatSetneg dan GBKPeople! (Tri Novita Sari-PPKGBK)

 

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           0           0           0           0