Sajikan Bekal Keluarga dengan Camilan Sehat

 
bagikan berita ke :

Kamis, 14 September 2023
Di baca 415 kali

Memasuki hari keempat Setneg Library Festival (SLF) 2023, Kamis (14/9), Perpustakaan di bawah Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (PPKASN) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengadakan Workshop Cooking Class bertema “Spring Roll dan Bento yang Menyehatkan bagi Seluruh Keluarga”.

Kegiatan cooking class diikuti peserta secara daring dan luring di Perpustakaan, Gedung I Lantai 3, Kemensetneg. Elly Kusrini, cooking Enthusiast, menjadi narasumber pada yang memandu peserta dalam menyiapkan beberapa menu bekal dengan bahan yang hemat dan menyehatkan.

Menu pertama yang dipraktikkan Elly yaitu cara membuat Spring Roll. Spring Roll merupakan camilan khas Vietnam yang sudah mendunia dan disukai banyak kalangan. Cara membuatnya pun mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak bahan.

“Jadi, awal mula saya buat spring roll ini buat anak saya karena ini kesukaannya. Semenjak itu, saya jadi sering buat dengan saus racikan saya sendiri. Bahan-bahannya juga bisa disesuaikan dengan selera. Kalau saya banyak pakai sayur supaya tetep sehat,” kata Elly.

Pada workshop ini, peserta diajari membuat spring roll yang terbuat dari rice paper dengan isian crab stick, selada, kol ungu, wortel, lotus, daun kailan, dan bihun. Tidak lupa, Elly juga memberikan trik menggulung rice paper yang benar.


“Ketika mengambil rice paper harus dengan keadaan tangan yang basah, kemudian basahkan rice paper dengan dicelupkan ke air. Ketika sudah basah, sebaiknya rice paper langsung digunakan, kalo kelamaan bisa nempel ke alas karena teksturnya yang tipis. Penggunaan rice paper juga tidak perlu dikasih minyak karena nanti bisa robek,” ujar Elly.

Setelah menyelesaikan pembuatan spring roll, Elly mengajarkan peserta untuk membuat bento. Bento adalah makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang mudah dibawa dan tentunya banyak disukai. Ia memandu peserta yang didominasi pegawai perempuan untuk menyiapkan bento dengan mengkreasikan dalam bentuk yang beragam. Bento akan tampak lebih menggugah selera terutama anak-anak dengan tampilannya yang lucu sehingga bento banyak dijadikan pilihan sebagai bekal keluarga.

Menu yang terakhir adalah onigiri. Makanan khas Jepang satu ini juga turut menjadi menu penutup yang ikut didemonstrasikan oleh Elly pada workshop tersebut. Cukup dengan membalut nasi berisi lauk kesukaan dengan nori atau lembaran rumput laut yang gurih dan renyah.

Peserta workshop tampak sangat antusias. Beberapa peserta juga terlihat banyak bertanya kepada narasumber. Salah satu peserta yang menghadiri workshop secara luring, Elisa mengungkapkan bahwa workshop ini sangat membantu para ibu untuk bisa menyiapkan bekal keluarga dengan pilihan menu yang mudah dan sehat.

“Seru kegiatannya. Bagi saya sebagai ibu yang bekerja, pilihan menu yang telah dicoba pada workshop ini gampang dan menarik sehingga bisa menjadi salah satu pilihan bekal sekolah. Saya bersyukur bisa mengikuti workshop ini,” ucap Elisa seraya menunjukan hasil kreasi spring roll dan bento yang dibuatnya.  (SAR/DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0