Salat di Masjid Shanghai Pudong, Wapres Tunjukkan Kebebasan Beragama di Tiongkok

 
bagikan berita ke :

Senin, 18 September 2023
Di baca 442 kali

Usai melakukan pertemuan dengan sejumlah pengusaha di Kantor Perwakilan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM) MUI di Shanghai Al Amin Co. Ltd., Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melaksanakan salat Dzuhur jamak Ashar di Masjid Shanghai Pudong, Senin (18/09/2023).

Saat dimintai tanggapannya oleh awak media terkait kehidupan beragama di Tiongkok, Wapres menuturkan bahwa kebebasan beragama di Tiongkok saat ini cukup baik. Ia pun menceritakan bahwa saat dirinya bersama para pemimpin negara ASEAN dijamu Santap Malam oleh Perdana Menteri (PM) Tiongkok dua hari lalu, di meja makan dihiasi hiasan miniatur tempat ibadah.

“Di tempat pertemuan makan malam itu ada [miniatur] pagoda, gereja, masjid. Artinya mereka menunjukkan di sini agama, bahkan agama Islam bisa berkembang,” ungkapnya.

Bahkan, sebut Wapres. PM Tiongkok mengundangnya untuk mengunjungi komunitas-komunitas Muslim yang ada di Tiongkok.

“Kita harapkan ke depan bukan hanya sertifikasi halal makanannya, tapi kehidupan mereka sebagai muslim misalnya, dalam menjalankan agamanya bisa juga memperoleh kesempatan yang terbuka,” harapnya.

Lebih jauh, Wapres menunjukkan bukti bahwa kehidupan beragama di Tiongkok cukup baik adalah dengan adanya Masjid Shanghai Pudong yang dibangun di area strategis yakni di pinggir jalan, bukan di sudut terpencil.

“Saya melihat di sini bersih, nyaman untuk salat, dan tempatnya bukan di tempat umum, tetapi di tepi jalan yang strategis, tempat wudhunya juga bersih, [lantai masjid] malah dilapisi kayu di atasnya sehingga untuk salat nyaman,” urainya.

Bahkan saat salat Jumat, sambung Wapres, masjid ini penuh diisi jemaah dari berbagai daerah. Hanya saja, tuturnya, saat ini belum ada pengajian untuk anak-anak, sehingga ke depan ia berharap pengurus masjid dapat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar agama untuk anak-anak.

“Anak-anak masih diajar orang tuanya di rumah-rumah, saya pesankan [kepada pengurus masjid] agar ada pengajian anak-anak,” tandasnya.

Sebagai informasi, Masjid Shanghai Pudong dibangun pada tahun 1935 dan diperluas pada tahun 1984. Masjid yang terletak di dekat Jalan Dongshang di Distrik Pudong ini, menawarkan akses mudah bagi umat Islam di Shanghai dan sekitarnya yang ingin melaksanakan salat berjamaah.

Masjid ini memiliki ruang salat, ruang imam, dan aula khutbah yang besar, dengan menara setinggi 36 meter berdiri tegak di bagian luarnya. Adapun luas area keseluruhan masjid mencapai 1.650 meter persegi.

Mendampingi Wapres pada konferensi pers kali ini, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi. (EP-BPMI Setwapres)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0