Sambutan Presiden Joko Widodo pada Indo-Pacific Economic Framework

 
bagikan berita ke :

Kamis, 16 November 2023
Di baca 133 kali

di Moscone Center, San Francisco, Amerika Serikat


 

Yang mulia Presiden Biden, para pemimpin negara-negara mitra IPEF (Indo-Pacific Economic Framework).

 

Indonesia selalu terbuka melakukan kerjasama dengan siapapun berdasarkan prinsip saling menguntungkan. Prinsip inilah yang mendasari Indonesia berpartisipasi dalam perundingan IPEF (Indo-Pacific Economic Framework), saling memahami kebutuhan nasional terutama kepentingan negara berkembang adalah kunci untuk menjalin kerjasama yang baik.

 

Kesuksesan IPEF akan sangat tergantung bagaimana para pihak merasa saling diuntungkan, kerjasama pembangunan ekonomi hijau, kerjasama perluasan perdagangan dan investasi, kerjasama transisi energi dan penguatan rantai pasok mineral kritis akan menjadi pilar penting kerjasama IPEF.

 

Kita harus menghadirkan kerjasama yang konkret di prioritas-prioritas tersebut dan saya mengapresiasi penandatanganan perjanjian pilar dua mengenai rantai pasok, bentuk pencapaian konkret negara-negara IPEF merespon disrupsi rantai pasok global.

 

Saya juga menyambut baik penyelesaian substantif perundingan pilar ketiga yaitu ekonomi bersih dan pilar keempat ekonomi yang adil. Indonesia berkomitmen untuk menyelesaikan perundingan pilar kesatu di tahun 2024 dan implementasikan kesepakatan bersama.

 

Terima kasih.




Sumber: https://setkab.go.id/indo-pacific-economic-framework-di-moscone-center-san-francisco-amerika-serikat-16-november-2023/