Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Ruas Indralaya-Prabumulih

 
bagikan berita ke :

Kamis, 26 Oktober 2023
Di baca 445 kali

 di Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan


 

Bismillahirrahmanirrahim.


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semua.
Yang saya hormati Pak Menteri PU, [Pj.] Gubernur Provinsi Sumatra Selatan, para bupati yang hadir dan pimpinan Komisi V DPR RI yang hadir, para pimpinan BUMN, seluruh jajaran PU, Forkopimda, Bapak-Ibu hadirin dan undangan yang berbahagia.

 

Di Pulau Sumatra ini akan kita bangun kurang lebih 2.800 kilometer jalan tol. Untuk backbone-nya sendiri, untuk koridor utama itu kurang lebih 1.800 kilometer. Dan, kita harapkan dengan pembangunan ini akan ada kecepatan mobilitas barang dan jasa, sehingga daya saing kita menjadi semakin baik.

 

Saya berikan contoh, tadi malam saya bertemu dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, beliau-beliau menyampaikan, “Pak dulu dari Palembang ke Lampung itu memakan waktu 10 sampai 12 jam, sekarang 3,5 jam sudah bisa.” Terjadi sebuah kecepatan yang luar biasa kalau seperti itu.

 

Tapi, kita ini masih jauh dari kurang. Saya berikan perbandingan, sampai sekarang kita telah membangun 2.040 kilometer jalan tol, 2.040 yang baru plus yang lama 780 kilometer. Artinya, baru 2.800 kilometer yang dimiliki Indonesia, jalan tol. RRT sudah memiliki 280 ribu kilometer. Kita 2.800, di sana 280 ribu kilometer, betapa masih sangat jauhnya daya saing kita, competitiveness kita. Itu yang ingin kita kejar, agar kita bisa bersaing dengan negara-negara lain. Stok infrastruktur kita harus terus kita tingkatkan, bisa dengan jalan APBN, bisa dibangun BUMN, bisa dibangun swasta, tiga-tiganya paralel kita kerjakan.

 

Dan pada hari ini alhamdulillah Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer telah selesai dan segera dioperasikan. Ini sudah dibangun sejak 2019, memang medannya bukan medan yang gampang di Palembang-Lampung ini, utamanya di Sumatra Selatan. Dan, biaya investasi untuk pembangunan sepanjang 64,5 kilometer ini adalah Rp12,5 triliun.

 

Ini investasi memang besar, tetapi manfaat bagi negara kita, manfaat bagi rakyat itu akan sangat luar biasa kalau kita bisa menaikkan produktivitas. Artinya apa, jalan tol ini harus disambungkan dengan kawasan pertanian, sambungkan dengan kawasan wisata, sambungkan dengan kawasan perkebunan, sambungkan dengan kawasan industri, ini manfaatnya akan sangat besar sekali.

 

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih dan Flyover Patih Galung Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Terima kasih.


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 



Sumber: https://setkab.go.id/peresmian-jalan-tol-trans-sumatra-jtts-ruas-indralaya-prabumulih-di-kota-palembang-provinsi-sumatra-selatan-26-oktober-2023/