Sambutan Presiden Republik Indonesia pada Acara Groundbreaking Pakuwon Nusantara

 
bagikan berita ke :

Rabu, 01 November 2023
Di baca 274 kali

di Penajem Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur


 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang, salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati para Menteri, Kepala Otorita, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Bupati PPU.
Yang saya hormati Presiden Komisaris PT. Pakuwon Nusantara dan seluruh jajaran direksi.
Bapak/Ibu tamu undangan yang berbahagia.

 

Kita kalau sekarang ini dari Balikpapan menuju ke Nusantara itu masih muter, memerlukan waktu kurang lebih hampir dua jam atau dua jam lebih kadang-kadang tapi pagi tadi saya sudah mencoba yang jalan tol baru sudah tembus, jalan tolnya sudah tembus dan waktu yang ditempuh nanti kurang lebih 45 menit dari Balikpapan ke Nusantara. Jalannya, jalan tolnya sangat lebar. Berapa meter Pak Menteri? tiga line kanan, tiga line kiri, artinya kaya Tol Jagorawi segede itu kira-kira, akan selesai nanti kira-kira di bulan Juni 2024.

 

Setelah itu, pagi tadi kita juga baru groundbreaking airport, Bandara Nusantara, yang anggarannya akan kita keluarkan Rp4,2 triliun nanti juga akan selesai kira-kira bulan Juni 2024 dan bisa didarati oleh pesawat-pesawat badan lebar. Kalau dua ini selesai, jalan tolnya rampung, airportnya selesai, saya yakin kalau yang terlambat memulai investasinya di Ibu Kota Nusantara, bapak-ibu akan ketinggalan. Karena, seperti hari ini saya kira saya sangat mengapresiasi PT. Pakuwon yang sudah merancang bangunan yang seperti kita lihat untuk apartemen, untuk hotel, untuk mall, saya yakin kalo semuanya memulai dan jalan airport itu selesai akan berbondong-bondong investor datang ke Nusantara.

 

Saya sampaikan kepada Kepala Otorita, dahulukan dulu investor dalam negeri tapi kalau mentok dan sudah tidak ada, kita akan keluarkan jurus yang dari luar, karena sudah beberapa bulan yang lalu dari Singapura ada 130 investor datang. Coba dari Singapura jauh-jauh kesini melihat kalau ngga berminat untuk apa? Kemudian, dari Korea 30 orang, dari Jepang juga 30 orang, dari Malaysia, dari Uni Emirat Arab tapi kami memang rem dulu. Saya sampaikan kepada Kepala Otorita, rem untuk yang dari luar, berikan kesempatan kalau bisa di-join-kan dengan yang dari dalam, sehingga zona-zona yang sudah kita rencanakan nanti semuanya akan terisi. Tapi biasanya yang dari luar, misalnya Uni Emirat Arab mintanya satu blok untuk financial center, kami yang garap total. Terus nanti yang di dalam negeri mau dapat apa?

 

Sehingga, saya senang ini PT. Pakuwon sudah mendahului, membangun dan saya sangat menghargai, mengapresiasi dan kita harapkan ini akan memberikan gelombang yang lain yang tadi juga bapak Kepala Otorita sudah menyampaikan bulan Desember saya diperintah untuk kesini lagi karena kan ada groundbreaking, berapa pak? kira-kira 8-9 lagi yang baru akan memulai dan kita berharap ini akan terus meramaikan Ibu Kota Nusantara kita.

 

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dan dengan mengucap bismillahirrahmanirahim pada siang hari ini groundbreaking Pakuwon Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai.

 

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Sumber: https://setkab.go.id/sambutan-presiden-republik-indonesia-pada-acara-groundbreaking-pakuwon-nusantara-1-november-2023/