SBY Ikuti Pertemuan BIMP - EAGA dan IMT- GT

 
bagikan berita ke :

Selasa, 20 November 2007
Di baca 1083 kali

Delegasi Indonesia antara lain Menko Perekonomian Boediono, Menlu Hassan Wirajuda, Menteri Perdagangan Mari L Pangestu, Kepala BKPM M. Luthfi dan Dubes RI di Singapura, Wardana.

Pertemuan KTT ke 4 BIMP – EAGA dihadiri Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah, PM Malaysia Abdullah Badawi dan Presiden Pilipina, Aroyo Gloria Macapagal. Pertemuan ini diadakan sebelum KTT ke 13 ASEAN dibuka secara resmi.

Usai pertemuan, Jubir Presiden, Dino Patti Djalal menjelaskan, Presiden SBY menghargai bahwa ada kemajuan sangat pesat dalam proses kemajuan beberapa kerjasama BIMP – EAGA ini. “Beberapa kemajuan itu misalnya lebih banyaknya jalur-jalur transportasi antara keempat negara anggota, mengenai promosi pariwisata, kerjasama tentang UKM yang nantinya diharapkan akan mendapat bantuan dari Bank Pembangunan Asia, bidang energi terutama bidang kelistrikan, juga ada inisitaif baru yang penting yaitu BIMP – EAGA Economic Corridor, yang akan lebih memacu kerjasama bidang ekonomi terutama bidang perdagangan dan investasi, serta kerjasama bidang lingkungan hidup� kata Dino Patti Djalal.

Usai mengadakan pertemuan dalam forum BIMP – EAGA, Presiden SBY kemudian mengadakan pertemuan pula dengan pemimpin dua negara lain yang tergabung dalam forum IMT – GT (Segitiga Pertumbuhan Indonesia – Malaysia – Thailand), bersama PM Malaysia Abdullah Badawi dan PM Thailand Surayud Chulanont.

Kata Dino, ada beberapa kemajuan yang diperoleh terutama mengenai road map 2007 – 2011 yang telah berjalan dengan baik, dan para pemimpin tiga negara sepakat untuk memacu kinerja IMT – GT ini sehingga diharapkan pada tahun 2011 akan terlihat nyata hasil-hasil yang diperoleh dari kerjasama ketiga negara. “Ketiga pemimpin negara juga sepakat untuk ditingkatnya kerjasama di bidang transportasi,perdagangan dan invenstasi,� kata Dino Patti Djalal.

 

Sumber:
http://www.presidensby.info/index.php/fokus/2007/11/19/2442.html

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0