Seri Inovasi: C-NERGI: Upaya Cerdas PPK Kemayoran Tingkatkan Kinerja Organisasi

 
bagikan berita ke :

Selasa, 24 November 2020
Di baca 556 kali

Dalam rangka peningkatan tata kelola organisasi, Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran telah menerapkan sistem pengawasan Key Performance Indicator atau Indikator Kinerja Utama (IKU) berbasis sistem informasi. Sistem informasi yang bernama C-Nergi ini dibangun sejak awal tahun 2018. C-Nergi digunakan untuk memonitor pencapaian kinerja baik di tingkat unit kerja maupun tingkat mikro atau individu.

 

Pada awal pembangunan aplikasi C-Nergi, PPK Kemayoran melakukan pengumpulan data dan formulir yang dapat menggambarkan pelaksanaan kegiatan di lingkungan PPK Kemayoran. Namun, pada saat itu formulir masih berbeda format dan jenis karena belum tersedia SOP (Standard Operating Procedure) terkait monitoring kinerja. Oleh karena itu, PPK Kemayoran merumuskan format baru yang kemudian digunakan dalam pengembangan aplikasi.

 

Arsitektur C-Nergi mengintegrasikan Rencana Strategis, Visi, dan Misi PPK Kemayoran. Data ini disuguhkan dalam tampilan standar penganggaran yang dilengkapi rincian tugas dan fungsi masing-masing unit kerja. Dengan begitu, C-Nergi mampu memfasilitasi penilaian dan evaluasi performa pegawai hingga segenap unit kerja di atasnya berbasiskan sistem informasi manajemen yang terdigitalisasi. Penilaian kinerja pegawai hingga unit kerja juga dapat dilakukan dalam periode tertentu secara otomatis. Dengan cara seperti itu, hasil pemantauan kinerja lebih optimal dapat menjadi feedback dalam menata kelola sumber daya manusia yang lebih baik, antara lain dalam kebijakan promosi dan rotasi pegawai.

 

Aplikasi C-Nergi yang dibangun secara mandiri dengan pendampingan tenaga profesional dan narasumber akan terus dikembangkan dalam rangka memonitor kualitas kinerja karyawan secara individual. Pengembangan akan diarahkan untuk makin menyesuaikan antara kinerja masing-masing karyawan dengan tahapan pencapaian visi dan misi organisasi PPKK sebagai sebuah badan layanan umum. (NWS_Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
2           0           0           0           0