Siaran Pers: Kemensetneg Ajak Seluruh Elemen Bangsa Semarakkan Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

 
bagikan berita ke :

Senin, 31 Juli 2023
Di baca 3971 kali

Siaran Pers: 05/SP/VII/Humas/2023

 

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 kali ini mengangkat tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Tema ini merefleksikan semangat Bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum ini untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Perayaan Bulan Kemerdekaan yang telah berlangsung sejak lama dan  menjadi tradisi di masyarakat perlu disemarakkan tidak hanya dengan menyelenggarakan upacara 17 Agustus tetapi juga diisi dengan beragam lomba, pertunjukan yang penuh semarak, keriaan, dan kebersamaan, serta acara syukuran memanjatkan Do’a kepada Allah SWT  dan lain sebagainya.

Agenda Bulan Kemerdekaan  2023 di Istana akan diawali dengan Zikir dan Doa Kebangsaan pada tanggal 1 Agustus 2023 dan dilanjutkan dengan sejumlah acara, seperti Penganugerahan Tanda Kehormatan (14 Agustus); Pengukuhan Paskibraka (15 Agustus); Pidato Presiden pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD, serta Pidato Penyampaian RAPBN (16 Agustus); Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (17 Agustus dini hari); dan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera (17 Agustus) yang akan didahului dengan kirab Bendera Pusaka dan pertunjukan seni.

Setidaknya ada empat perbedaan dalam Peringatan Upacara Detik-Detik Proklamasi. Upacara Detik-detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera di Istana Tahun 2023 kali ini akan dilaksanakan sepenuhnya secara luring/fisik. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan tersebut dapat langsung mendaftarkan diri pada sistem/aplikasi Pandang Istana di tautan: pandang.istanapresidenri.go.id. Tersedia 8.000 undangan fisik baik untuk Upacara Kenaikan Bendera pagi hari dan 8.000 undangan fisik saat Upacara Penurunan Bendera sore hari.

Mengingat tingginya antusiasme masyarakat yang ingin menyaksikan kirab bendera maka untuk tahun ini,  rute yang dilalui menjadi lebih jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Rute Kirab Bendera Pusaka yaitu dari cawan monas mengarah ke silang monas barat daya menuju patung kuda selanjutnya melewati sepanjang jalan Medan Merdeka Barat lalu ke Istana Merdeka.

Selain itu, di tahun ini terkait pertunjukkan Fly Pass Pesawat F16 akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini pertunjukkan akan dilakukan oleh gabungan 3 matra TNI (Angkaran Udara, Angkatan Laut, dan Angkatan Darat) dan Polri.

Elemen pembeda keempat yaitu adanya kolaborasi antara Kementerian Sekretariat Negara dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyiapkan tempat bagi masyarakat yang tidak bisa mengikuti upacara di Istana berupa panggung hiburan di area Monas dan videotron untuk menyaksikan momen Detik-Detik Proklamasi di beberapa titik strategis, seperti area Monas dan bundaran Hotel Indonesia.

Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah dapat melaksanakan upacara bendera dengan mengacu kepada tata cara upacara yang dilaksanakan di Istana Kepresidenan sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Sekretariat Negara.

Pada tahun 2023 ini, beragam side events yang akan menyemarakkan dan memeriahkan Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI juga akan digelar di luar istana. Acara penyemarak tersebut antara lain Pagelaran Angklung Terbesar di Dunia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK); Peragaan Busana “Istana Berkebaya” yang dimeriahkan dengan Pagelaran Tari, Pertunjukkan Musik, Area UMKM, dan Panggung Budaya; Pertunjukkan Video Mapping “Gemilang Silang Monas” di Monumen Nasional (Monas) yang terdiri dari pertunjukkan Tarian Kolosal Nusantara, pertunjukan kembang api, bazaar kuliner, dan konser musik; dan pencanangan pembagian bendera merah putih dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Papua.

Untuk memeriahkan suasana HUT Ke-78 RI, masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi aktif dengan menggelar dan mengikuti berbagai lomba, pertunjukkan, acara sosial di bebagai penjuru Indonesia. Selain itu, masyarakat diimbau untuk mengibarkan bendera merah putih selama satu bulan ke depan serta memasang logo HUT Ke-78 Kemerdekaan RI dengan berkreatifitas menggunakan ornamen-ornamen desain tersebut di berbagai tempat, seperti tempat umum, tempat wisata, sekolah, perkantoran, sarana prasarana transportasi, dan berbagai saluran media.

Adapun pedoman penyelenggaraan peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2023 termasuk logo dan tema HUT RI beserta panduan visual bagi setiap kantor di instansi pusat, daerah, perwakilan RI di luar negeri dan masyarakat luas, dapat diunduh di website www.setneg.go.id. 

 

Jakarta, 31 Juli 2023
Kepala Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sekretariat Negara
 
 


Eddy Cahyono Sugiarto
Telp./Fax. 021 3849065
humas@setneg.go.id*
 
Twitter: @KemensetnegRI
Instagram: @kemensetneg.ri
Facebook: @Kementerian Sekretariat Negara RI
Youtube: Kementerian Sekretariat Negara RI
Situs: www.setneg.go.id

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
9           5           0           1           0