Tangguh di Era Pandemi, DWP Kemensetneg Gelar Sharing Session Kesehatan

 
bagikan berita ke :

Kamis, 12 Agustus 2021
Di baca 301 kali

Mengusung tema “Kiat Sehat Menuju Indonesia Tangguh di Era Pandemi”, Kamis (12/8), Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyelenggarakan Sharing Session Kesehatan yang dihadiri Penasihat DWP Kemensetneg, Siti Faridah Pratikno. Selain memperingati HUT Ke-76 RI, pada webinar kali ini juga  dilakukan perkenalan dan pisah sambut Pengurus DWP Kemensetneg yang lama/baru.

Di masa pandemi seperti ini, kesehatan merupakan kunci utama yang harus diperhatikan dalam menjalani aktivitas keseharian dan menjaga kualitas hidup. Pemerintah juga telah berupaya menanggulangi Covid-19 mulai dari kampanye pencegahan penyebaran virus, meningkatkan pelayanan kesehatan, hingga vaksinasi untuk menciptakan kekebalan komunal (herd immunity).

Sebagai unit yang mewadahi ibu-ibu keluarga ASN, DWP Kemensetneg menyadari peran strategisnya dan selalu ikut serta mendukung program pemerintah, salah satunya dengan menggelar Sharing Session Kesehatan secara virtual. “Kami memilih tema ini karena sebagaimana saya singgung sebelumnya bahwa kesehatan masyarakat adalah kunci utama menuju Indonesia tangguh. Dengan masyarakat yang sehat diharapkan Indonesia dapat menjadi negara maju dan sejahtera,” kata Nana Setya Utama selaku Ketua Umum DWP Kemensetneg yang juga berharap acara ini dapat bermanfaat dan diimplementasikan oleh peserta webinar.


Mengundang Praktisi Kesehatan di bidang herbal dan estetik, dr. Yunita Aryani membagikan lima hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga pola hidup sehat yaitu pola kebersihan diri, pola minuman dan makanan yang sehat, pola gerak badan dan olah raga, pola keseimbangan kegiatan, serta pola pencegahan dan kesehatan diri.

Selain disiplin menerapkan pola hidup sehat, dr. Yunita juga mengungkapkan bahwa pemeriksaan rutin sangat perlu untuk dilakukan saat ini guna melihat kondisi tubuh seperti apa. "Pemeriksaan penting untuk dilakukan karena tubuh, tenaga, dan pikiran bekerja terus-menerus sehingga metabolisme tubuh pun menjadi menurun. Untuk itu, pemeriksaan harus komprehensif dalam mengetahui derajat kesehatan kita," tuturnya.

Founder Young & Healthy Wellness Aesthetic itu mengingatkan pula pentingnya mengubah mindset dan perilaku tentang pola hidup sehat. Mulai dari pola pikir, pola diet, pola latihan, dan pilihan asupan suplemen yang harus masuk ke dalam tubuh. "Pola hidup sehat itu bukan pencitraan dan bukan ikut-ikutan. Pilih diet dan latihan yang cocok dan sesuai dengan porsi tubuh kita dalam menjaga kita tetap sehat dan dapat memelihara kehidupan kita," lanjutnya.

Dr. Yunita menyampaikan, untuk kualitas hidup yang sehat, baik ketika tubuh masih dalam keadaan bugar ataupun sakit, di antaranya harus pro aktif dalam menyadari sedini mungkin kondisi tubuh, lebih meningkatkan kualitas hidup, tidak putus asa jika sudah terlanjur sakit, dan konsisten serta komitmen dalam melakukan pola hidup sehat. "Mencoba mencari akar permasalahan yang sesungguhnya, kita bisa mengatasi dan melalui pandemi Covid-19 menjadi bangsa yang tangguh dan tumbuh kembali menjadi bangsa yang sehat," pesannya.


Dalam webinar kesehatan yang menarik ini juga diadakan perkenalan keanggotaan DWP Kemensetneg Bidang Sosial Budaya yang baru yaitu Nani Heru Purwanto yang menggantikan Ratna Basuki dan Meivita Luvirasari Adi Vidid yang menggantikan Chrisma Virawanti Saladin. (LDS/DEW - Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0