Terima Kunjungan Mahasiswa UGM, Kemensetneg Paparkan Transformasi Kerja Dalam Mendukung Tugas Presiden dan Wakil Presiden

 
bagikan berita ke :

Jumat, 24 November 2023
Di baca 461 kali

Jakarta, Kamis (23/11) - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menerima kunjungan mahasiswa Departemen Politik dan Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM). Kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mengenai peran Kementerian Sekretariat Negara untuk  memberikan dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

 

Kegiatan dibuka oleh Asisten Deputi Pengelola Bahan Kebijakan, Adhi Pradana di Ruang Rapat Kabinet, Gedung Utama Lantai 3 Kementerian Sekretariat Negara. Dalam sambutannya, Adhi menyampaikan ucapan terima kasih kepada 100 mahasiswa Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM yang hadir.

 

“Terima kasih atas kunjungannya, Saya harap kali ini bukan hanya kami yang memberikan pengetahuan mengenai ilmu politik, namun mahasiswa UGM juga memberikan feedback, sehingga dapat menjadi alternatif untuk menyelesaikan permasalah di pemerintahan pada umumnya atau Kemensetneg,” Ujar Adhi dalam sambutan pembuka.

 

Dilanjut dengan sambutan hangat yang disampaikan oleh Hanif Syahrizal selaku Ketua Panitia Departemen Politik dan Pemerintah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada, Hanif Syahrizal mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak Kemensetneg, yang telah menyambut pihaknya dengan sangat ramah dan pelayanan yang luar biasa.

 

“Terima kasih telah memberikan kami kesempatan untuk bisa datang ke Kemensetneg, Kami sangat antusias mendapatkan kesempatan untuk datang ke Setneg. Dan kami berharap dengan kedatangan kami kesini bisa mendapatkan kesempatan untuk lebih memperdalam informasi mengenai tugas pokok dan fungsi unit kerja di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara,” Ucap Hanif.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi paparan materi yang diberikan oleh,  Dadan Wildan selaku Staf Ahli Bidang Politik, Pertahanan dan Keamanan, Kementerian Sekretariat Negara. Dadan sebagai narasumber menjelaskan tentang tugas utama Pegawai Kemensetneg secara lebih luas dalam memberikan dukungan teknis, analisis dan administrasi kepada Presiden dan Wakil Presiden. Ia juga menambahkan, untuk penugasan Administrasi Pemerintahan, Kemensetneg tidak mengizinkan adanya kesalahan sedikitpun, karena efeknya tidak hanya di sekitar kementerian melainkan se-Indonesia.

 

“Setneg itu ada 3 tugas utama yang dapat diketahui teman-teman mahasiswa semua yaitu, sebagai dokumen teknis, dokumen administrasi, serta menganalisa dan melayani Kepala Negara dan wakil presiden. Seperti contoh kali ini Menteri Pratikno menemani Kepala Negara untuk kunjungan ke Papua,” Ujar Dadan Wildan dalam sesi penyampaian materi.

 

Dadan juga menjelaskan bahwa dalam prosedur administrasi di Kemensetneg, jangan sampai Sekretariat Negara salah mengambil kebijakan, seperti surat persuratan yang akan diajukan kepada Kepala Negara, sebelum di tangan presiden harus dianalisis sehingga dari ratusan surat yang masuk hanya 10% yang sampai ke Kepala Negara, sehingga jangan sampai analisis yang dilakukan oleh Setneg salah dan keliru, pastikan semuanya harus benar.

 

Setelah penyampaian materi oleh narasumber, sesi berlanjut dengan tanya jawab dan kuis yang diikuti peserta dengan sangat antusias. Kegiatan kunjungan ini diakhiri dengan penyerahan cendera mata serta foto bersama. Setelah dilaksanakannya kunjungan dari mahasiswa Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM, diharapkan kolaborasi dan kerjasama antara Kemensetneg dengan berbagai perguruan tinggi bisa mendukung untuk Indonesia Maju. (Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0