Terima Kunjungan Mahasiswa UNPAR, Kemensetneg Kenalkan Mapping Your Career Trajectory di Lingkungan Kemensetneg

 
bagikan berita ke :

Rabu, 06 Desember 2023
Di baca 351 kali

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) melalui Biro Hubungan Masyarakat (Humas) menerima kunjungan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Prodi Hubungan Internasional (HI) Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Rabu (6/12).

Bertempat di Gedung III Kemensetneg, kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai Peluang dan Potensi Karir di Lingkungan Pemerintahan. Mengangkat topik "Mapping Your Career Trajectory”, kunjungan ini dibuka oleh Kepala Biro Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiharto.

"Terima kasih atas kunjungannya, pada kunjungan kali ini kita akan lebih banyak berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan reformasi Kemensetneg, dapat berfikir kritis, dan bagaimana pengembangan pengelolaaan mengenai transformasi layanan publik, khususnya kehumasan, dilakukan di Kemensetneg,” ujar Eddy menyampaikan ucapan terima kasih kepada 50 mahasiswa Departemen Hubungan Internasional UNPAR.




Dilanjut dengan sambutan hangat yang disampaikan oleh dosen pendamping discovery tour mahasiswa Hubungan Internasional Anggia Valerisha. Ia mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak Kemensetneg, yang telah menyambut pihaknya dengan sangat ramah dan pelayanan yang luar
biasa.

“Terima kasih telah memberikan kami kesempatan untuk bisa datang di Kemensetneg, Kami sangat antusias mendapatkan kesempatan untuk datang ke Setneg, dan kami berharap dengan kedatangan kami kesini bisa membangun relasi antara mahasiswa Hubungan Internasional UNPAR dengan perusahaan/lembaga pemerintahan,” ucap Anggia.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi paparan materi yang diberikan oleh selaku Analis Kebijakan Ahli Madya, Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri, Kementerian Sekretariat Negara De’ Norraliana. Ia menjelaskan tentang Peluang dan Potensi Karir dan Beasiswa di Lingkungan Pemerintahan. Dalam paparannya terdapat beberapa gambaran jika mahasiswa mendapatkan pelatihan/magang di Kemensetneg.

“Alasan kenapa Kemensetneg mengadakan pelatihan untuk mahasiswa/magang yaitu untuk memfasilitasi mahasiswa mengenai perjalanan karir, dunia kerja, serta lingkungan kerja dalam sebuah perusahan. Bukan hanya itu dengan adanya pelatihan untuk mahasiswa dapat mengembangkan relasi di dunia luar dan memberikan perusahaan untuk dapat berinteraksi langsung dengan mahasiswa,” ujar Norraliana.

Kegiatan dilanjutkan oleh Pranata Humas Ahli Madya Kementerian Sekretariat Negara, Akhmad Firmannamal, yang tugas dan fungsi Kemensetneg, khususnya pada Biro Humas dalam memberikan dukungan teknis, analisis, dan admnisitrasi kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan dan negara.

Khusus Biro Humas, Firman juga menjelaskan bagian dan tugas-tugas apa saja yang dilakukan di biro Humas.

“Biro Humas terdiri dari 4 bidang yaitu Pengelolaan Informasi Publik (PIP), Monitoring dan Analisis Media (Monalisa), Peliputan dan Dokumentasi (Peldok), dan yang terakhir Diseminasi Informasi (Disfo).Keempat bagian tersebut memiliki tugas masing masing yang saling keterkaitan satu dan lainnya,” jelas Firman.


Lebih lanjut Firman menyampaikan terkait program magang bagi siswa/siswi/mahasiswa/mahasiswi aktif. Program magang tersebut di buka secara berkala dan ruti setiap tahunnya yang diumukan dalam berbagai kanal komunikasi milik Kemensetneg, dan prosesnya dapat langsung dilihat pada situs olimpus.setneg.go.id.

“Program magang Kemensetneg membuka kesempatan kepada para siswa/siswi/mahasiswa/mahasiswi untuk ikut merasakan dan memiliki pengalaman terjun langsung dalam pelaksanan tugas-tugas di lingkungan Lembaga kepresidenan,” ungkap Firman.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, kuis, dan kemudian ditutup dengan penyerahan cendera mata dan sesi foto bersama dengan mahasiswa UNPAR. (UNA, ART-Humas Kemensetneg).


Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
9           8           8           8           8