Transformasikan Nilai-Nilai Kebangsaan kepada Publik, Kemensetneg Gelar Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan

 
bagikan berita ke :

Sabtu, 13 Agustus 2022
Di baca 131 kali

Sabtu (13/8), Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membuka Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan yang diselenggarakan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di Gedung Sarinah, Jakarta.

Pameran bertema "Indonesia Menjawab" ini yang berlangsung mulai hari ini hingga 22 Agustus 2022 mendatang, digelar dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI dan mentransformasikan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat luas.

Merupakan salah satu kegiatan dalam Bulan Kemerdekaan Tahun 2022, Mensesneg meyampaikan bahwa pameran ini tidak hanya membawa masyarakat luas secara fisik melihat mobil-mobil Kepresidenan tapi lebih penting lagi adalah bagaimana dulu para founding fathers, para pejuang, dan pendiri bangsa telah bekerja keras mempertaruhkan jiwa dan raga untuk membentuk negara Indonesia.

"Ini tanggung jawab kita bersama melanjutkan perjuangan beliau-beliau. Semoga semangat juang yang telah ditunjukkan oleh para pendiri bangsa itu dapat kita warisi juga, kita lanjutkan untuk membangun Indonesia maju yang kita cita-citakan," kata Mensesneg dalam keterangannya.

Pameran arsip "Indonesia Menjawab" ini menampilkan koleksi arsip Kemensetneg antara lain dokumen, foto, video, dokumenter, dan memorabilia tentang bagaimana Presiden Sukarno sampai dengan Presiden Joko Widodo menjawab tantangan dan ujian yang datang silih berganti menerpa Indonesia dan dunia.

Kepala Biro Tata Usaha dan Arsip Kepresidenan, Sinta Puspitasari menyampaikan makna dari tema pameran "Indonesia Menjawab", "Kita menampilkan tema tersebut karena kita ingin menyampaikan bahwa kita adalah bangsa yang menghadapi segala tantangan dan rintangan sejak zaman Bung Karno hingga Pak Jokowi saat ini," ucap Sinta seraya menceritakan kebijakan-kebijakan beberapa Presiden RI pada masanya.

Seluruh sejarah perjalanan bangsa Indonesia tersebut terekam dalam media arsip yang terdiri atas 44 berkas arsip tekstual, 104 arsip foto, empat arsip video, dan satu arsip audio.

Selain koleksi arsip Kemensetneg, juga ditampilkan tujuh unit mobil yang pernah digunakan pada masa jabatan Presiden RI pertama hingga sekarang. Tujuh mobil Kepresidenan yang dipamerkan disesuaikan dengan jumlah Presiden RI dan usia kemerdekaan RI yang telah menginjak usia 77 tahun.

"Untuk masyarakat yang berkunjung diharapkan bisa melihat  dan mengapresiasi mobil Kepresidenan yang mungkin selama ini sulit ditemui. Jadi, kami mengadakan pameran mobil Kepresidenan ini supaya mendekatkan benda-benda bersejarah dari Unit Kepresidenan dengan masyarakat," kata Erry Hermawan sebagai Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden.

Dipilihnya Gedung Sarinah menurut Pratikno karena lokasi yang mudah dijangkau pengunjung. Di samping itu, Sarinah pun dinilai punya kenangan masa lalu yang luar biasa dalam mewariskan karya seni dan produk-produk kreatif bangsa Indonesia.    

Berbeda dengan pameran arsip sebelumnya yang lebih menampilkan sisi humanisme para Presiden RI, pameran arsip kali ini lebih menunjukkan tentang berbagai langkah dan kebijakan yang diambil dalam mengatasi berbagai tantangan dan ujian kenegaraan pada masa Presiden Sukarno hingga Presiden Joko Widodo kini.

Di usianya yang ke-77, Indonesia dihadapkan pada kemajuan teknologi komunikasi yang berdampak pada penyebaran informasi yang sangat cepat sehingga berita bohong/hoax lebih mudah tersebar dari pada berita fakta. Melalui pameran ini, arsip yang memiliki nilai kebuktian diharapkan mampu menangkis hoax. Arsip dan mobil Kepresidenan yang sangat bernilai sejarah ini merupakan upaya Kemensetneg menjaga generasi penerus bangsa dari dampak negatif teknologi informasi dan komunikasi.

Turut hadir dalam pameran, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Presiden, Komisaris Utama PT Sarinah Trisni Puspitaningtyas, Direktur Utama Sarinah, Kepala Sekretariat Presiden, Kepala Sekretariat Wakil Presiden, jajaran pejabat di lingkungan Kemensetneg, dan Senior Vice President PT Mandiri (Persero) Tbk. (DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0