Wapres Dapat Kehormatan Berada di Deretan Depan

 
bagikan berita ke :

Senin, 25 Februari 2008
Di baca 832 kali

 

Wapres Kalla duduk tepat di samping para mantan presiden Korea Selatan yang berada di barisan kursi paling depan. Tampak duduk berurutan mantan Presiden Chun Do Hwan, Kim Jong San dan Kim Dae Jung.

Setelah itu langsung Wapres bersama Ibu Mufidah Kalla. Sementara Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda beserta istri berada di setelah Kalla. Berturut-turut kemudian para pemimpin pemerintahan dan kepala negara-negara dan kepala pemerintahan negara sahabat lainnya.

Sedangkan tepat duduk di belakang Wapres, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Condolezza Rice yang mewakili negaranya.

Upacara pelantikan Presiden Lee Myung-bak dilaksanakan di halaman gedung parlemen dalam cuaca cukup dingin sekitar 2 s/d 3 derajat Celcius. Ratusan ribu warga Korea Selatan sejak pukul 06.00 waktu setempat telah berkumpul memadati halaman Gedung parlemen Korea Selatan.

Upacara yang dimulai pukul 10.00 itu disiarkan langsung seluruh media televisi Korea Selatan. Upacara diawali dengan kedatangan Presiden Roh Moo Hyun. Dari Tepat pukul 10.55 , Presiden Roh Moo Hyun tiba di lokasi. Setelah keluar dari dalam mobilnya. Roh Moo Hyung beserta isteri berjalan memasuki lapangan halaman gedung parlemen.

Lapangan seluas sekitar 1,5 km persegi tersebut tepat di tengah-tengahnya merupakan taman berbentuk lingkaran. Sementara tepat diujungnya merupakan Gedung parlemen Korea Selatan tempat panggung kehormatan berada.

Tepat pukul 10.55 , presiden terpilih Lee Myung-bak tiba di lokasi upacara. Sama halnya dengan Presiden Roh Moo Hyung, presiden terpilih Lee Myung-bak juga harus berjalan memasuki lapangan halaman gedung parlemen. Lee disambut pimpinan Parlemen Korea Selatan dan disambut tepuk tangan ratusan ribu warga yang telah memadati lokasi upacara.

Setibanya di panggung kehormatan, Lee Myung-bak langsung menyalamai mantan Presiden Korea Selatan lainnya yakni Chun Do Hwan kemudian Kim Jong Sam dan Kim Dae Jung. Setelah itu langsung menyalamai ibu Mufidah Kalla dan Wapres Kalla yang berdiri tepat disamping deretan para mantan presiden Korsel.

Baru kemudian menyalami PM Jepang Fukuda beserta isteri dan beberapa kepala negara dan pemimpin pemerintahan negara sahabat yang datang pada acara pelantikan tersebut.

Lee Myung-bak yang merupakan mantan walikota Seoul memenangi pemilu dengan meraih suara 48,7 persen, mengalahkan calon lainnya Chung Dong-Young yang hanya meraih suara 26 persen serta Lee Hoi-chang yang meraih suara 15 persen .

Lee merupakan mantan petinggi perusahaan Hyundai dan pernah beberapa kali berada di Indonesia sebagai Chief Engineering proyek pembangunan jalan tol Jagorawi pada tahun 80-an. (*)

Sumber : http://www.antara.co.id/arc/2008/2/25/wapres-dapat-kehormatan-berada-di-deretan-depan/

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0