Wapres: Kebhinekaan Membutuhkan Keikhlasan

 
bagikan berita ke :

Selasa, 10 Juni 2008
Di baca 901 kali


Demikian diungkapkan Wapres Kalla saat memberi sambutan di acara pembukaan seminar internasional "Peran Bugis Dalam Pengembangan Alam Melayu Raya" yang diselenggarakan oleh Pusat Pamadun Melayu Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Selasa (10/6).

"Semuanya (suku bangsa) harus memberi makna bagi kebhinekaan kita yang kuat. Sumbangan masing-masing suku bangsa dalam budaya Indonesia seperti dalam seminar sekarang ini bukan untuk meningkatkan egoisme, tapi untuk menunjukkan persatuan," ujar Kalla.

Menurut Kalla perbedaan suku bangsa itu justru menunjukkan kebhinekaan yang kuat yang sudah ada sejak jaman dulu hingga saat ini. "Kebhinekaan kita membutuhkan keikhlasan dari setiap budaya dan suku bangsa yang berbeda-beda. Keikhlasan ditunjukkan oleh mayoritas suku bangsa Jawa yang bisa menerima bahasa Melayu sebagai bahasa nasionalnya. Coba bayangkan kalau mereka yang mayoritas minta bahasa Jawa sebagai bahasa nasional," tambah Kalla.

Keikhlasan juga ditunjukkan oleh suku bangsa lainnya. Orang Bugis maupun suku bangsa lain di luar Jawa bisa menerima Presiden yang sejak merdeka sampai sekarang ini berasal dari Jawa. Di situlah kebhinekaan paling membutuhkan dan menerima keikhlasan," papar Kalla.

 

Sumber :
http://www.kompas.com/read/xml/2008/06/10/11515535/
wapres.kebhinekaan.membutuhkan.keikhlasan 
Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0