Pameran Arsip Virtual HUT 75

Share berita ke :

Selasa, 11 Agustus 2020
Di baca 98771 kali

 

Indonesia Maju

 

Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 merupakan momentum Indonesia menjadi negara merdeka. Puncak perjuangan pergerakan kemerdekaan yang dengan susah payah diperjuangkan oleh para pahlawan yang telah mendahului kita. Tugas generasi selanjutnya untuk senantiasa melakukan perjuangan mengisi kemerdekaan. 

 Dalam rangka memperingati 75 Tahun Indonesia merdeka, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Kementerian Sekretariat Negara, menyelenggarakan pameran arsip virtual dengan tema “Indonesia Maju“  yang merepresentasikan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam meraih dan mengisi kemerdekaan melalui pembangunan diberbagai bidang. 

 Dirgahayu  ke-75 Republik Indonesia!

Maju Meraih Kemerdekaan

Kedatangan bangsa asing ke bumi Nusantara merupakan awal dari penjajahan. Potensi besar yang ada di bumi Nusantara membuat bangsa asing berdatangan dan menguasai pusat-pusat dagang, sumber daya alam, serta melakukan politik memecah belah (Devide Et Impera) kekuatan kerajaan, serta melakukan aneksasi di berbagai tempat. 

Namun Nusantara tidak begitu saja diam terjajah. Perlawanan terhadap penjajah terjadi di berbagai wilayah Nusantara, seperti Perlawanan Sultan Ageng Tirtayasa, Untung Surapati, Perang Aceh di Sumatera, sampai Perang Banjar di Kalimantan. Mereka membulatkan tekad, bekerja keras, dan pantang menyerah. 

 Kemudian pergerakan Nasional mulai bermunculan. Semua ini dilatarbelakangi oleh keinginan bersatu sebagai sebuah bangsa, keberanian untuk melawan penjajahan, dan kebulatan tekad untuk merdeka. Munculnya Boedi Oetomo, dan Sumpah Pemuda merupakan penanda perjuanganngan maju meraih kemerdekaan.

 

Penjajah di Bumi Nusantara

Perjuangan Putra-Putri Bangsa

Penjajahan Jepang

Maju Menyongsong Kemerdekaan

Persiapan untuk kemerdekaan Indonesia terus dilakukan. Salah satu momentumnya adalah pembentukan BPUPK untuk mempersiapkan kemerdekaan. Tokoh tokoh bangsa bersatu mempersiapkan kemerdekaan. Memprakarsai dirumuskannya dasar negara, hingga lahirnya Pancasila 1 Juni 1945. 

Jepang menyerah pada sekutu menjadi momentum untuk segera melakukan proklamasi kemerdekaan. Peristiwa Rengasdengklok yang dilakukan untuk mengamankan Sukarno dan Hatta dari pemerintah Jepang, dilanjutkan dengan penyusunan teks proklamasi di kediaman Laksamana Maeda, hingga akhirnya pada 17 Agustus 1945 pembacaan Proklamasi dilakukan di jalan Pegangsaan Timur dalam sebuah upacara bendera. 

Semua ini dilakukan untuk menyongsong kemerdekaan, meraih kemerdekaan, dan menjadi bangsa yang merdeka dari penjajahan.

BPUPK dan Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan

Detik-detik Proklamasi

Jepang Menyerah

Maju Mempertahankan Kemerdekaan

Proklamasi merupakan titik balik Bangsa Indonesia merdeka. Hal ini tidak serta-merta Indonesia bebas dari penjajah, usaha-usaha terus dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan. memperoleh kedaulatan yang utuh atas Indonesia. 

Perjuangan belum berakhir, masih banyak yang dilakukan. Tidak satupun putra bangsa yang berpuas hati dan berhenti berjuang. Mempertahankan kemerdekaan dari agresi militer Belanda, melakukan perundingan-perundingan dan perjanjian politik, serta mengusahakan kedaulatan. 

Semua itu dilakukan demi mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan

Meraih Kedaulatan Penuh Sebagai Bangsa Merdeka

Maju Membangun Negeri

Mengisi kemerdekaan, membangun negeri melanjutkan perjuangan. Semua harus dilakukan untuk menciptakan Indonesia yang maju, adil, dan makmur Pembangunan dalam berbagai bidang menjadi prioritas bangsa untuk dapat lebih cepat mengikuti maju. 

Usaha membangun negeri dari masa ke masa terus dilakukan dari mulai presiden Sukarno, Soeharto, Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga saat ini Presiden Jokowi. 

Bangsa Indonesia harus maju, maju membangun negeri untuk Indonesia Maju.

Maju Membangun Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan salah satu kunci kemajuan bangsa. Prioritas pembangunan sumber daya manusia dilakukan di berbagai bidang, bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kemajuan bangsa. 

Pembangunan sumber daya manusia meliputi bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Usaha ini dilakukan terus menerus dan tidak berhenti. Memajukan sumber daya manusia adalah salah satu kunci sebuah bangsa dapat besaing dan menjadi besar. 

Majunya Sumber Daya Manusia adalah cerminan bangsa yang maju. 

Maju Memberdayakan Masyarakat

Proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri merupakan kunci memberdayakan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila masyarakat itu sendiri ikut pula berpartisipasi. 

Peran serta masyarakat untuk memajukan bangsa, yang didukung penuh oleh negara menjadikan sinergi yang harus senantiasa dilakukan. 

Pemberdayaan masyarakat yang bertujuan memajukan masyarakat yang akan menjadi salah satu roda penggerak utama pergerakan kemajuan bangsa menuju Indonesia maju. 

 

Kemerdekaan Indonesia merupakan buah dari kerja keras seluruh Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita semua wajib mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya. 

Indonesia maju merupakan cita-cita kolektif bangsa. Seperti yang telah dicanangkan Presiden Jokowi tujuan pembangunan bangsa saat ini akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah. 

 Kerja belum selesai, Kerja lagi, kerja terus, dan pantang menyerah. 

 Indonesia Maju!! 

 Selamat Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia