57 Tahun GBK – Generasi Produktif Menuju Era Inovatif

 
bagikan berita ke :

Sabtu, 05 Oktober 2019
Di baca 278 kali

Sejak awal berdiri, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) telah memiliki berbagai fungsi yang tidak hanya sebagai sarana olahraga, namun juga sarana kegiatan sosial, budaya, politik, rekreasi, bahkan menjadi kawasan hijau baru bagi kota Jakarta. Sebagai pengelola kawasan, Manajemen GBK mengemban tugas untuk memelihara, mempertahankan, dan meningkatkan kualitas fungsi dan perannya, yang salah satunya mengembangkan kawasan GBK sebagai paru-paru kota, ruang terbuka hijau yang dapat menampung berbagai kegiatan publik.

Keberadaan kawasan GBK yang tidak lagi muda, sebuah bentuk rasa syukur tahun ini menginjak usia 57 tahun, Manajemen GBK menggelar berbagai kegiatan. Dimulai dengan pelaksanaan kompetisi olahraga bertajuk, “GBK Friendly Match Championship 2019”, yang mulai dilaksanakan pada 9 September 2019. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Direktur Utama GBK dihadiri oleh Jajaran Direksi beserta pegawai GBK dan perwakilan para peserta.  Mengawali kegiatan GBK Friendly Match Championship 2019 dipertandingkan cabang olahraga bola voli yang dilaksanakan di GBK Arena. Sementara untuk sepakbola pada babak penyisihan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola G GBK dan untuk pertandingan semi final dan final dilaksanakan di Stadion Utama GBK.

Tepat dihari Ulang Tahun Ke-57 GBK yang jatuh pada 24 September 2019, seluruh Pegawai mendapatkan bingkisan yang berisi besek tumpeng mini dan tumbler. Nasi kuning tumpeng menjadi sebuah bentuk rasa syukur atas perayaan Hari Ulang Tahun Ke-57 GBK. Tumpeng merupakan salah satu tradisi budaya Indonesia.  Berbentuk kerucut melambangkan komunikasi. Diharapkan ke depannya komunikasi bisa selalu berjalan dengan baik dan semua harapan dapat terkabul. Warna kuning memiliki makna kemakmuran, kesejahteraan. Lauk pauk merupakan simbol saling melengkapi, kerukunan dan kebersamaan. Pengunaan besek pun menjadi salah satu bentuk kerajinan tangan bangsa Indonesia dan penggunaannya menjadi salah satu pengganti plastik menjadi simbol akan kepedulian dan ramah lingkungan. Seperti halnya, keberadaan GBK yang akan terus ada mengikuti perkembangan jaman dan ramah lingkungan serta menjadi kebanggaan dan pemersatu bangsa. Tumbler dan goodie bag menjadi sebuah simbol bahwa GBK juga menggalakkan rasa cinta lingkungan dan salah satu langkah untuk mengurangi penggunaan plastik. Selain itu, sebuah gapura menghiasi lobby luar Gedung Direksi. Design gapura yang menonjolkan keragaman seni dan budaya Indonesia pun seolah ingin menyambut tamu yang datang. Pada lobby dalam terdapat anamorphic escalator yang menandai bahwa GBK harus lebih baik dan terus berinovasi menghadapi perubahan jaman.

Pada 27 September 2019 dilaksanakan rangkaian puncak peringatan HUT Ke-57 GBK. Diawali dengan acara “Homecoming” yang digelar di Royal Box Stadion Utama GBK. Homecoming merupakan ajang silaturahmi seluruh Direksi dan Pegawai GBK dengan para mantan Direksi GBK yang selama ini tidak bertemu. Dalam kesempatan tersebut, para mantan Direksi pun dapat saling mengenal dan bersilaturahmi sekaligus menikmati suasana Stadion Utama GBK.

Malam harinya, peringatan Hari Ulang Tahun Ke-57 Gelora Bung Karno di gelar di Parkir Selatan GBK. Rangkaian acara puncak HUT yaitu penyampaian berbagai penghargaan GBK kepada berbagai pihak yang telah membantu baik dari instansi/lembaga maupun perorangan, penyampaian piala kepada para pemenang lomba, doorprize dan acara hiburan seni dan budaya serta penampilan sederet artis ibukota mulai dari Atta Halilintar, Pingkan Mambo sampai band Cokelat. Pada kesempatan yang sama, festival outdoor terbesar di kawasan GBK bertajuk “GBK-Mandiri ISEE FEST 2019” dibuka secara resmi. GBK-Mandiri ISEE FEST 2019 terselenggara atas kerjasama Manajemen GBK dengan Bank Mandiri dan MAPCLUB. Festival ini berlangsung sejak tanggal 27 September 2019 hingga 5 Oktober 2019 di  6 titik di kawasan GBK yaitu Plaza Sudirman, Plaza Barat, Plaza Timur, Plaza Parkir  Timur, Plaza Tenggara, Parkir Selatan. Berbalut konsep “Hybrid Festival, GBK Mandiri ISEE FEST 2019 menghadirkan beragam kegiatan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Manajemen GBK berupaya untuk menampung berbagai kegiatan masyarakat. GBK ISEE Fest berarti “Saya melihat festival” dirancang dengan konsep hybrid festival yang disesuaikan dengan gaya hidup masyarakat perkotaan yang penuh dinamika. Berkonsep belanja outdoor, GBK ISEE Fest menawarkan keseruan berbagai kegiatan, hiburan, kuliner, fashion, travel, otomotif, outdoor adventure hingga pameran budaya mancanegara.