Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) melalui Biro Hubungan Masyarakat (Humas) menerima kunjungan studi banding dari Bagian Tata Usaha Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar, Jakarta, pada Rabu (8/10/2025), di Ruang Aspirasi Kemensetneg.
Kegiatan yang berlangsung di Ruang Aspirasi, Kemensetneg, ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan berbagi pengalaman (sharing session) mengenai berbagai aspek tata kelola kelembagaan, khususnya di bidang kehumasan, persuratan, kerumahtanggaan dan protokoler, serta keamanan.
Dalam sambutannya, Pranata Hubungan Masyarakat (Prahum) Ahli Madya Faisal Fahmi menyampaikan apresiasi atas inisiatif YPI Al Azhar yang telah memilih Kemensetneg sebagai mitra kunjungan studi banding. Ia menilai bahwa kegiatan seperti ini menjadi sarana yang efektif untuk memperkuat hubungan antarlembaga serta mendorong peningkatan kualitas tata kelola organisasi.
“Kami menyambut baik kunjungan dari YPI Al Azhar. Melalui kegiatan ini, kita dapat saling bertukar informasi, pengalaman, dan inspirasi tentang bagaimana lembaga masing-masing menjalankan fungsi pelayanan. Semoga kunjungan ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi kedua pihak,” ujar Faisal.
Faisal juga menjelaskan berbagai fungsi dan tanggung jawab Biro Humas dalam mendukung pelaksanaan tugas Kementerian Sekretariat Negara, serta bagaimana tata kelola dan struktur organisasi yang ada di Kementerian Sekretariat Negara.
Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) YPI Al Azhar Zainal Arifin menyampaikan bahwa studi banding ini merupakan bagian dari agenda pengembangan kapasitas kelembagaan. Pihaknya ingin mempelajari sistem dan mekanisme kerja yang diterapkan oleh instansi pemerintah, terutama dalam hal tata kelola administrasi dan pelayanan publik.
“Kami sangat berterima kasih atas sambutan hangat dari Kemensetneg. Kami ingin belajar banyak dari pengalaman Kemensetneg yang memiliki sistem manajemen kelembagaan yang tertata dan profesional. Pengetahuan yang kami peroleh dari kunjungan ini akan menjadi referensi berharga untuk diterapkan di lingkungan YPI Al Azhar,” ungkap Zainal.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan dan diskusi yang dipaparkan oleh Prahum Ahli Madya, Faisal Fahmi dan Analis Humas dan Protokol, Oky Tri Handoko. Dalam sesi tersebut, dipaparkan penjelasan mengenai proses pengelolaan kehumasan pemerintah, tata persuratan dan kearsipan, mekanisme pelayanan tamu dan kegiatan protokoler, serta sistem keamanan dan ketertiban yang dilakukan di Kemensetneg.
Diskusi berjalan dengan hangat dan interaktif, terlihat dengan terjalinnya dialog langsung dan saling bertukar pandangan mengenai tantangan dan strategi yang dihadapi dalam mengelola administrasi lembaga.
Menutup kegiatan, Kabag TU YPI Al Azhar Zainal Arifin menyampaikan apresiasi atas kesempatan dan pengetahuan yang diperoleh selama kunjungan. “Kami merasa terinspirasi dengan tata kelola dan sistem kerja di Kemensetneg. Semoga sinergi ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi pengembangan kelembagaan kami,” ujar Zainal.
Sementara itu, pihak Kemensetneg berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan, hal ini sebagai bentuk Kemensetneg dalam penerapan meaningful participation. “Kami terbuka untuk terus menjalin kolaborasi, baik dalam bentuk studi banding, pelatihan, maupun kegiatan berbagi pengalaman lainnya. Semoga semangat berbagi dan belajar bersama ini dapat menjadi kontribusi nyata dalam mendukung peningkatan kualitas tata kelola kelembagaan di Indonesia,” tutup Faisal.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan terjalin komunikasi yang lebih erat antara instansi pemerintah dan lembaga pendidikan dalam membangun sistem organisasi yang profesional, efektif, dan transparan menuju pelayanan publik yang unggul. (KHA/YLI-Humas Kemensetneg)