Kuatkan Collaborative Governance, Kemensetneg Jalin Silaturahmi dengan Wartawan

 
bagikan berita ke :

Kamis, 25 Mei 2023
Di baca 663 kali

Rabu (24/5), jajaran Humas Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengadakan press briefing dengan kalangan media di Merdeka Lounge, Kemensetneg. Selaian menjalin silaturahmi, kegiatan tersebut ditujukan memberikan pemahaman terkait kerja-kerja Kemensetneg termasuk mendukung program dan inovasi Kemensetneg.

Kepala Biro Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa berkolaborasi yang baik dengan media merupakan salah satu upaya pemerintah mengoptimalkan meaningful participation dari seluruh lapisan masyarakat.

Eddy menjelaskan, saat ini merupakan era collaborative governance di mana kondisi pemerintah dalam memenuhi tujuan publik dapat dilakukan dengan kolaborasi antar organisasi maupun individu. Kemensetneg dalam hal ini mencoba bertransformasi menjadi organisasi yang tidak kaku atau tidak rijid dan mencoba membangun engagement publik, salah satunya dengan strategi media outreach.

“Media outreach ini menjadi salah satu strategi kami dalam membangun engagement publik dan membangun keterlibatan teman-teman media. Sehingga, kami harapkan apa yang dijalankan pemerintah mendapatkan dukungan yang optimal dan yang lebih penting, membawa manfaat yang optimal pula kepada masyarakat,” ungkap Eddy.




Hadirnya media outreach juga merupakan wujud dari inovasi yang dijalankan oleh Kemensetneg dalam menjalin komunikasi dua arah dengan publik. Menurut Eddy, press briefing seperti ini akan mendukung fungsi Kemensetneg dalam menghadirkan keterbukaan informasi terkait dengan kebijakan dan kerja pemerintah yang dapat diakses awak media dengan mudah.

“Jadi, wujud dari collaborative governance artinya tidak hanya pemerintah tetapi semua pemangku kepentingan yang juga mempunyai concern tinggi untuk memberikan manfaat besar bagi publik. Saya kira kegiatan ini sudah menjadi forum yang tepat,” pungkas Eddy.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, jajaran perwakilan dari Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) sebagai representasi salah satu Badan Layanan Umum (BLU) Kemensetneg. (SYV/DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0