Melalui POSTER, 289 Peserta Calon Anggota ORI Mengikuti Objective Test dan Pembuatan Makalah Via Daring

 
bagikan berita ke :

Kamis, 17 September 2020
Di baca 429 kali

Kementerian Sekretariat Negara melaui Pansel Calon Anggota Ombudsman Republik Indonesia  menyelenggarakan Seleksi Kualitas secara daring yang meliputi Objective Test dan Pembuatan Makalah bagi peserta yang lulus seleksi administrasi Calon Anggota Ombudsman periode 2021-2026,  Selasa (15/9).

Dalam pelaksanaannya, peserta menggunakan aplikasi POSTER (Portal Assesmen Terpadu) dan aplikasi Zoom yang disediakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Sekretariat Negara. "Sebelum tes ini berlangsung, kami mengadakan technical meeting dengan peserta selama tiga hari terhitung dari tanggal 9 sampai dengan 11 September 2020, karena dalam pelaksanaan tes ini kita menggunakan POSTER baik itu objective test ataupun penulisan makalah, dan panitia sebagai pengawas menggunakan aplikasi Zoom dengan total 15 room" terang Adi sartia, Anggota Sekretariat Pansel.

Tes ini diikuti oleh 289 peserta dari peserta yang lulus tes administrasi sebanyak 298 karena ada 9 peserta yang tidak mengikuti karena diantaranya mengundurkan diri. Untuk objective test, peserta diberikan waktu 90 menit sedangkan pembuatan makalah diberikan waktu 3 jam.

Pada saat tes, Adi mengungkapkan hal yang menarik. "Diantara 289 peserta yang mengikuti tes, terdapat dua peserta difabel netra yang mengikuti tes, mereka kita tempatkan khusus dalam satu room masing-masing, karena mereka menggunakan helper untuk membantu membacakan soal pada saat objective test, dan mereka juga kami berikan dispensasi waktu, namun keduanya dapat menyelesaikan dengan waktu yang sama dengan 287 peserta lainnya," kata Adi.

Tujuh puluh dua peserta akan dipilih untuk mengikuti tes selanjutnya, yaitu Assesment Test. "Tanggal 22 September 2020 nanti rencananya Pansel akan mengumumkan 72 peserta yang lolos objective test dan penulisan makalah ini yang akan diumumkan juga melalui  situs website Kementerian Sekretariat Negara, " tutup Adi. (ART, Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
6           0           1           0           0