Perkuat Kerja sama Selatan-Selatan dan Triangular, Kemensetneg Hadiri Pertemuan Emerging Development Partners’ dan Development Leaders Conference

 
bagikan berita ke :

Rabu, 19 Juni 2024
Di baca 218 kali

Foto: Dit. Infomed, Kementerian Luar Negeri


Kementerian Sekretariat Negara, yang diwakili oleh Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri (KTLN), menghadiri pertemuan Emerging Development Partners’ (EDP) dan Development Leaders Conference (DLC). Kegiatan ini diselenggarakan secara back-to-back pada tanggal 11-14 Juni 2024 di Hotel Intercontinental, Bali. Pertemuan yang digawangi oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), IndonesianAID, Norad Norwegia, dan Center for Global Development (CGD) masing-masing dibuka secara resmi oleh Bambang Brodjonegoro, Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (EDP) dan Pahala Mansury, Wakil Menteri Luar Negeri (DLC).

 

Pada pertemuan tersebut, Kepala Biro KTLN, Noviyanti menekankan poin bahwa kerja sama pembangunan internasional harus cerdas mensinergikan prioritas antara demand-driven dan donor-driven. Kerja sama pembangunan juga harus mampu menyesuaikan narasi kepada khalayak dalam negeri dengan mempertimbangkan sensitivitas politik maupun keuntungan yang mungkin diperoleh sebagai emerging economy. Di sisi lain, dalam peran global, Indonesia harus mampu menunjukkan bahwa peran aktif dan kepedulian yang tinggi atas isu solidaritas dan tantangan global, serta mengedepankan kepemimpinan dalam aspek geopolitik.

 

 


Foto: Dit. Infomed Kementerian Luar Negeri

 

Delegasi yang hadir dalam pertemuan tersebut bersepakat untuk mempersiapkan diri selama satu tahun ke depan guna kembali bersama-sama merumuskan kebijakan pembangunan internasional guna menghadapi tantangan global dan upaya pencapaian Agenda SDGs 2030 di Hamburg, Jerman tahun 2025. (Biro KTLN Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           0           0           0           0