Presiden Buka Pesta Kesenian Bali

 
bagikan berita ke :

Senin, 18 Juni 2007
Di baca 806 kali

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka PKB ke-29 dengan memukul kul-kul, kentongan khas Bali sebagai tanda dimulainya Pesta Kesenian Bali. Presiden SBY dan Ibu Ani mengenakan pakaian adat Bali.

Menurut Gubernur Bali Dewa Beratha, tema PKB kali ini adalah Aktualisasi Kepahlawanan Menuju Kesejahteraan Masyarakat. "Tema ini diambil untuk mendorong semua seniman untuk berapresiasi sehingga karyanya dapat menjadi motivasi masyarakat untuk menuju masyarakat yang sejahtera," kata Dewa Beratha. "PKB memiliki lima materi pokok yaitu pawai kesenian, pagelaran, lomba atau parade, pameran dan sarasehan," lanjutnya.

PKB 2007 yang berlangsung dari tanggal 16 Juni sampai 14 Juli 2007 diikuti lebih kurang 13.000 ribu seniman dari Indonesia dan mancanegara. "Selain Bali, terdapat 14 partisipan dari luar Bali yaitu Sumba Barat, Surabaya, Blitar, Kutai Kertanegara dan Makassar, ditambah 12 partisipan dari luar negeri yaitu Amerika, Singapora, India, Jepang dan Korea, " jelas Dewa. "Dengan PKB ini kami ingin menunjukkan bahwa Bali tetap aman dan nyaman untuk dikunjungi," tambahnya.

Presiden SBY dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk melestarikan seni dan budaya Bali yang adiluhung. "Marilah terus kita kembangkan kreatifitas dan inovasi seni tanpa meninggalkan nilai dan karakteristiknya yang khas," kata Presiden. "Kita semua bangga karena Bali sering disebut sebagai The Island of God. Bahkan sebuah komunitas di luar negeri memberikan catatan bahwa Bali dinobatkan sebagai World Best Island," lanjutnya.

"Sebagai manifestasi dan rasa syukur kita, marilah terus kita tunjukkan pada dunia bahwa pulau Bali benar-benar pulau dewata dan pulau yang terindah di dunia," Presiden melanjutkan. "Tidak banyak di dunia ini ada sebuah pulau yang begitu kaya dengan kekhasan dan kebesarannya. Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan sektor kepariwisataan dan kebudayaan di seluruh tanah air. Bali adalah andalan kepariwisataan di Indonesia. Mari kita pelihara dan pertahankan situasi Bali yang aman, tertib, dan damai. Berikan kemudahan kepada para wistawan yang datang dari dalam dan luar negeri," pesannya.

Presiden SBY dan Ibu Ani beserta kemudian menyaksikan pawai Pesta Kesenian Bali 2007 yang diarak mengelilingi kota Denpasar. PKB adalah ajang apresiasi seni berupa pagelaran dan pameran seni sebagai usaha menjaga warisan budaya yang adiluhung. Ini adalah yang ketiga kalinya Presiden SBY membukan PKB, setelah sebelumnya SBY membuka PKB tahun tahun 2005 dan 2006.

 

Sumber:
http://www.presidensby.info/index.php/fokus/2007/06/16/1937.html

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0