Sambangi Ibu Kota Nusantara, Kemensetneg Ajak Mahasiswa Samarinda Tinjau Kesiapan Perayaan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia

 
bagikan berita ke :

Rabu, 21 Februari 2024
Di baca 138 kali

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momentum setiap tahun untuk menghadirkan kebanggaan masyarakat terhadap pertumbuhan dan perkembangan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang tangguh. Momen tahunan ini juga menjadi pengingat besarnya sejarah dan menjadi wujud kesatuan Bangsa Indonesia.

 

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sebagai institusi yang memberikan pelayanan secara teknis, administrasi, dan analisis kepada  Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri Sekretaris Negara mempersiapkan pelaksanaan HUT RI, yang pada tahun 2024, untuk pertama kalinya, dilaksanakan di Pulau Kalimantan, tepatnya di Ibu Kota Nusantara.

 

Menteri Sekretaris Negara dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Panitia Nasional Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-79 RI pada tanggal 31 Januari 2024, menyampaikan bahwa peringatan HUT Kemerdekaan kali ini adalah peringatan yang istimewa, sehingga peringatan kali ini bisa menjadi momentum konsolidasi bangsa yang secara simbolik harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

 

Sebelum itu, dalam konferensi pers pada tanggal 9 Januari 2024, Setya Utama, Sekretaris Kementerian Sekretaris Negara, menyampaikan harapannya bahwa setiap elemen masyarakat Indonesia turut berpartisipasi dalam mempersiapkan dan menyukseskan momentum bersejarah peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di IKN.

 

Melanjutkan pernyataan Setya Utama, Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden, Kementerian Sekretariat Negara, menyebutkan bahwa persiapan telah dilakukan dengan mempersiapkan latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang turut bekerja sama dengan Kementerian, Lembaga, Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Republik Indonesia. Langkah ini menjadi upaya pemerintah untuk menyukseskan momentum bersejarah ini sehingga menimbulkan optimisme masyarakat, utamanya masyarakat Kalimantan.

 

Dalam mendukung suksesnya peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di IKN dan memantik optimisme masyarakat terhadap pelaksanaannya, Kemensetneg berkolaborasi dengan Universitas Mulawarman, Otorita IKN, dan Bank Syariah Indonesia mengajak generasi muda untuk turut serta dalam mempersiapkan pelaksanaan HUT Kemerdekaan ke-79 RI  melalui kegiatan Setneg Mantul Goes to Campus dengan tema “Generasi Muda: Merajut Masa Depan, Mewujudkan Indonesia Emas 2024,".

 

Salah satu rangkaian kegiatan tersebut adalah berkunjung langsung ke IKN bersama dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang berada di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kunjungan ini, tidak hanya memperkenalkan pembangunan fisik, tetapi juga sebagai langkah untuk membangun optimisme di kalangan generasi muda.

 

Dalam kunjungan tersebut, rombongan juga berkesempatan live on air bersama Radio Republik Indonesia (RRI) IKN. Kepala Biro Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto, sebagai salah satu pembicara menyampaikan bahwa HUT Kemerdekaan  ke-79 RI menggoreskan tinta sejarah karena untuk pertama kalinya sejak republik ini berdiri, seremoni tersebut dilakukan di luar Pulau Jawa. Hal ini wajib diketahui oleh masyarakat guna memantik semangat Indonesia dalan menyongsong Generasi Emas 2045."

 

Kemudian, Wawan Purwantoro, Area Manager Balikpapan Bank Syariah Indonesia  menegaskan pentingnya kolaborasi setiap stakeholder dalam mengglorifikasikan perhelatan besar Indonesia dimaksud. “Bank Syariah Indonesia sebagai salah satu BUMN senantiasa berorientasi pada upaya kolaborasi yang mendukung tercapainya tujuan-tujuan dari pemerintah dalam segala aspek, utamanya dalam hal pembangunan literasi dan sumber daya manusia yang dalam hal ini terkait dengan HUT Kemerdekaan ke-79 RI,” jelasnya

 

Lebih lanjut, Aditya Irawan, Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Universitas Mulawarman menyoroti pentingnya optimisme generasi muda dalam mewujudkan pembangunan SDM yang berkelanjutan. “Dalam hal pendidikan, optimisme diperlukan sehingga generasi muda mendapatkan dorongan motivasi dan semangat. Sejarah pelaksanaan Upacara HUT ke-79 RI merupakan salah satu yang dapat menghadirkan optimisme dimaksud.”.

 

Live on air bersama RRI IKN  juga melibatkan mahasiswa yang memberikan pandangan pribadi mereka terkait pembangunan IKN. Elsye, mahasiswi dari Universitas Mulawarman, menyampaikan kesan positifnya,

 

"Saya cukup terkesan dengan keputusan pelaksanaan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di Nusantara. Setelah melihat sendiri pembangunan Ibu Kota Nusantara, saya merasa optimis bahwa langkah ini merupakan upaya yang baik bagi masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Kalimantan dalam memperkenalkan budaya di Kalimantan."

 

Kemudian Bibi, mahasiswi dari Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda,  turut mengungkapkan kebanggaannya atas capaian pembangunan di IKN. “Sebagai bagian dari masyarakat Kalimantan yang ingin melihat Kalimantan terkenal di Indonesia dan dunia, pelaksanaan HUT Kemerdekaan ke-79 RI memberikan sebuah rasa kebanggaan bahwa Kalimantan dapat hadir untuk Indonesia."

 

Lalu Haidar, mahasiswa di Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur, menambahkan perspektifnya, “Bagi saya, Seeing is believing. Tentunya, untuk mempercayai dan menjadi optimis, haruslah dengan melihat langsung ke lokasi. Itulah yang saya percayai ketika datang ke IKN. Walaupun belum sepenuhnya terbangun, tapi saya merasa bahwa ungkapan di media sosial yang mengatakan bahwa hutan akan habis, tidak benar”.

 

Selanjutnya, dalam rangka persiapan perayaan HUT Kemerdekaan ke-70 RI yang akan melibatkan aktivitas partisipatif dari generasi muda. Para mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam kunjungan ke Ibu Kota Nusantara diharapkan dapat turut serta dalam merancang dan mengimplementasikan kegiatan-kegiatan spesial untuk mempersiapkan pelaksanaan HUT Kemerdekaan ke-79 RI (Humas Kemensetneg).

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0