Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe dan Pembangunan Infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Wakatobi di Kabupaten Wakatobi

 
bagikan berita ke :

Selasa, 14 Mei 2024
Di baca 365 kali

 

di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara


Bismillahirrahmanirrahim.

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

 

Bapak-Ibu yang saya hormati,
Anak-anakku semuanya yang saya cintai,
Kita sekarang berada di Bendungan Ameroro. Kenapa bendungan ini dibangun? Kita tahu beberapa negara sekarang ini mulai terjadi yang namanya krisis air, sulit sekali mendapatkan air. Karena ke depan air menjadi sesuatu yang sangat penting sekali bagi kehidupan kita, oleh sebab itu jangan membiarkan air untuk mengalir terus ke laut dan tidak kita manfaatkan.

 

Oleh sebab itu, sejak tahun 2020 dibangun Bendungan Ameroro ini. Ini adalah bendungan yang ke-40 yang telah kita bangun dan selesai di akhir tahun 2023 yang lalu. Dibangun dengan biaya Rp1,57 triliun, satu setengah triliun rupiah, ini duit semuanya, Rp1,57 triliun, berarti satu triliun lima ratus tujuh puluh miliar rupiah. Tetapi, kita berharap nanti manfaatnya akan jauh lebih besar daripada uang yang telah dipakai untuk membangun Bendungan Ameroro ini. Kapasitas tampungnya 88 juta meter kubik, ini bendungan yang sangat besar sekali dengan luas genangan 398 hektare, dan juga dapat mengurangi banjir, mereduksi banjir yang sebelumnya ada di wilayah di sekitar Konawe ini.

 

Yang kedua, untuk kawasan strategis pariwisata di Wakatobi yang telah dilakukan penataan, penataan alun-alun, Kawasan Puncak Toliamba, kemudian Kawasan Sombu Dive juga semuanya telah disentuh, diperbaiki. Yang ini juga nanti kita harapkan wisatawan pariwisata di Kabupaten Wakatobi akan semakin baik dan semakin meningkat.

 

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe dan pembangunan infrastruktur kawasan di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Sumber: https://setkab.go.id/peresmian-bendungan-ameroro-di-kabupaten-konawe-dan-pembangunan-infrastruktur-kawasan-strategis-pariwisata-nasional-wakatobi-di-kabupaten-wakatobi-di-kabupaten-konawe-provinsi-sulawesi-tenggara-14/