Aktualisasi Mimpi Menjadi Content Creator Istana: Pengalaman Magang di Biro Humas Kemensetneg RI

 
bagikan berita ke :

Senin, 12 Agustus 2024
Di baca 2085 kali

“It's the possibility of having a dream come true that makes life interesting.”

― Paulo Coelho, The Alchemist


Foto: Grace Mutiarasandy

 

Perkenalkan, nama saya Grace Mutiarasandy mahasiswi Ilmu Komunikasi di UNIKA Atma Jaya Jakarta. Dengan penuh syukur, saya mendapat kesempatan magang di Biro Humas Kementerian Sekretariat Negara RI, Task Force Diseminasi Informasi (TF D) selama 5 bulan, pada periode Januari - Mei 2024. Saya berperan sebagai Content Creator dengan konsentrasi utama memproduksi video pendek #SetnegReal.

 

Jika ada buku yang bisa mendeskripsikan babak pengalaman hidup ini, maka buku tersebut adalah The Alchemist karya Paulo Cuelho. Sebab, pengalaman magang lebih dari sekedar implementasi mata kuliah, tetapi petualangan yang membentuk proses hidup pendewasaan seorang mahasiswa menjunjung profesionalitas.

 

Di bawah bimbingan para praktisi humas pemerintah yang pastinya memiliki kredibilitas tinggi, saya terlibat langsung dalam merancang dan memproses komunikasi publik, khususnya diseminasi informasi terkait program Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri Sekretaris Negara. Peran content creator dalam diseminasi informasi digital adalah menjadi talent dan membuat video pendek #SetnegReal yang akan ditayangkan di Instagram dan TikTok sebagai citra Istana.


Foto: Grace Mutiarasandy

 

Terdapat serangkaian proses dalam proses produksi video pendek, diantaranya: melakukan riset berdasarkan agenda setting prioritas nasional, merancang konsep video, menulis brief konten, menulis caption, melakukan perekaman video, voice over, dan mengedit video. Semua proses dilakukan bertahap di bawah supervisi PIC, Pranata Humas Ahli Madya TF D, dan persetujuan Kepala Biro Humas. Setelah itu, video pendek akan diunggah di Instagram dan TikTok @kemensetneg.ri pada tanggal yang telah direncanakan sesuai content calendar.

 

Pada periode magang ini, saya mendapat kesempatan berpartisipasi dalam diseminasi informasi beberapa agenda nasional seperti: sosialisasi Pemilu 2024, pemindahan Ibu Kota ke Nusantara, KTT the 10th World Water Forum, dan berbagai agenda nasional lainnya. Selama proses produksi konten, taping tidak hanya dilakukan di studio dan lingkungan istana, tetapi juga tempat-tempat menarik seperti hutan mangrove, kawasan Panjtoran PIK, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan GBK bahkan sampai ke subak dan lokasi the 10th World Water Forum di Bali. Tak jarang, konten Instagram memanfaatkan fitur kolaborasi dengan akun K/L lain seperti GBK, Kemenlu, Kemenpora, Sekretariat Kabinet, KemenPUPR, Kemenkomarves, dll, guna efektivitas komunikasi publik.


Foto: Akhmad Firmannamal

 

Selain berkesempatan menjadi content creator, saya juga mendapatkan kesempatan pengalaman lain seperti: menjadi MC saat menerima kunjungan, rapat antar K/L, menghadiri konferensi pers langsung di istana, dan terlibat pada beberapa acara-acara kementerian. Seringkali dalam pengalaman bertugas ini, berinteraksi langsung dengan pejabat dan public figure. Pengalaman yang sangat berharga ini, tidak bisa ditukar dengan materi.

 

Sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui, magang di biro humas mengenalkan saya pada implementasi humas digital serta berbagai keahlian mulai dari public speaking, copywriting, leadership, time management, interpersonal communication, dan masih banyak lagi.

 

Sejatinya manusia akan selalu belajar, dan guru terbaik adalah pengalaman.
Semua proses pembentukan diri selama magang akan menjadi bekal berharga menuju petualangan selanjutnya.

 


 

Nama : Grace Mutiarasandy
Profesi : Mahasiswi
Universitas :  Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta 

 

 

 

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
12           1           1           0           1