Keterangan Pers Presiden RI Usai Pelepasan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tahap ke-2

 
bagikan berita ke :

Senin, 20 November 2023
Di baca 124 kali

di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Provinsi DKI Jakarta


 

Wartawan
Pertemuan dengan Presiden Biden gimana, Pak?

 

Presiden Republik Indonesia
Ya saya kira, saya bertemu di White House dengan Presiden Joe Biden, setelah itu juga bertemu lagi di San Francisco di APEC, di kedua tempat ini saya menyampaikan secara langsung pentingnya kekejaman di Gaza dihentikan. Yang kedua, gencatan senjata segera dilakukan. Dan yang ketiga, perang segera distop. Serta, yang keempat, bantuan kemanusian harus dipermudah untuk bisa masuk di Gaza, di Gedung Putih itu yang saya sampaikan, di APEC itu juga saya sampaikan secara tegas.

 

Wartawan
Presiden Biden reaksinya seperti apa, Pak?

 

Presiden Republik Indonesia
Tidak menanggapi.

 

Wartawan
Artinya apa itu tidak menanggapi, Pak?

 

Presiden Republik Indonesia
Ya, artinya mungkin masih ditampung masih jadi pemikiran. Saya kira dari apa yang kami sampaikan pasti, saya pastikan dicatat, menjadi catatan.

 

Wartawan
Setelah itu, Menlu akan ke China ya, Pak, ya?

 

Presiden Republik Indonesia
Ini Menteri Luar Negeri Indonesia, Bu Retno Marsudi juga muter karena kita memang menjadi salah satu utusan dari OKI (Organisasi Kerjasama Islam) untuk menyampaikan hasil-hasil yang kita bicarakan di Saudi Arabia.

 

Wartawan
Pak, kemarin juga membahas investasi IKN bagaimana perkembangannya? Soal tawaran investasi investor asing ke IKN bagaimana perkembangannya?

 

Presiden Republik Indonesia
Ya, di semua negara kita menyampaikan progress IKN, investasi apa yang terbuka dan banyak yang berminat, tetapi kan sampai sekarang sudah lebih dari 300 LOI [Letter of Intent] yang telah ditandatangani. Saya kira itu tiap hari akan tambah terus tapi memang sampai saat ini yang riil untuk memulai, memang belum. Tetapi dengan tumpukan sebesar itu, masa satu aja ndak. Saya kira akan, saya kira akan banyak, hanya kita dahulukan dulu investor dari dalam negeri terlebih dahulu

 

Wartawan
Kalau mencapai One-state solution, apakah pemerintah Indonesia akan mengajak perundingan dengan Israel, Pak?

 

Presiden
Itu juga yang saya sampaikan di Gedung Putih dan APEC.

 

Wartawan
Terima kasih, Bapak.




Sumber: https://setkab.go.id/pelepasan-bantuan-kemanusiaan-untuk-palestina-tahap-ke-2-di-pangkalan-tni-au-halim-perdanakusuma-provinsi-dki-jakarta-20-november-2023-2/