Mengasah Skill Desain Grafis di Humas Kemensetneg

 
bagikan berita ke :

Selasa, 06 Juni 2023
Di baca 2523 kali

Pada bulan januari tahun 2023 Kementrian Sekretariat Negara membuka kesempatan bagi mahasiswa aktif untuk bisa mengikuti program magang, pendaftaran tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia. Program magang ini bertujuan agar para mahasiswa dapat belajar mencari pengalaman dan ikut berkontribusi dalam pemerintahan di Indonesia.

Untuk batch pada periode bulan Februari sampai dengan akhir Mei 2023 Kementerian Sekretariat Negara membuka kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki keahlian di bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP),  Bidang Diseminasi Informasi (Disfo), Bidang Peliputan dan Dokumentasi (Peldok), dan Bidang Monitoring dan Evaluasi (Monalisa).

PIP DISFO merupakan sebuah bidang dimana para mahasiswa akan mengolah informasi publik dalam bentuk media digital, contoh postingan Instagram dalam bentuk foto maupun video, dan juga artikel. Bidang ini merupakan tempat dimana saya mendaftar dan juga bekerja sebagai Humas di kemensetneg, perkenalkan saya Wisnu Saputra, mahasiswa semester 6 jurusan Ilmu Komunikasi dengan fokus peminatan pada bidang periklanan dari Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta Selatan.

Melalui program magang ini saya mendapatkan pengalaman baru khususnya di bidang desain, saya yang biasanya mendesain sebuah produk dalam bentuk poster, pada kali ini saya harus mendesain sebuah informasi untuk pemerintahan dengan beberapa slide feed media sosial, tentunya dengan style dan gaya yang berbeda. Tentu saya harus beradaptasi dan menyesuaikan style design saya dengan gaya desain kemensetneg.

Tentunya di tahap awal saya merasa takut dan kebingungan, tapi setelah di bimbing oleh beberapa pegawai di Humas Kemensetneg khususnya di bagian desain grafis, akhirnya saya bisa menyesuaikan dengan gaya dan template dari prespektif mereka.

Untuk bentuk design dari Kementerian Sekretariat Negara ini berupa informasi yang berkaitan dengan pemerintahan yang diolah ke dalam bentuk infografis maupun kutipan dari pemerintah, tak hanya itu saya juga mendesain untuk hari-hari besar seperti poster bulan Ramadhan atau hari raya Nyepi.

Saya sendiri sangat bersyukur untuk bisa mengikuti program magang dari Kementerian Sekretariat Negara, karena pada batch kali ini saya ikut serta untuk mendesain beberapa konten seputar Keketuaan ASEAN 2023 di Indonesia yang puncaknya dilaksanakan di Labuan Bajo bulan Mei lalu, dalam event kali ini banyak sekali design dalam bentuk infografis yang saya buat, dari awal acara hingga akhir acara. Dan tentunya saya tidak bekerja sendiri, saya di bantu oleh beberapa pegawai dan rekan sesama peserta magang untuk mendesain dan mengolah konten.

Hal ini merupakan tanggung jawab besar dan sekaligus pengalaman baru bagi diri saya yang tertarik pada bidang design grafis untuk mencoba berbagai style baru dalam mendesain sebuah konten, saya berharap seluruh hasil kerja dari rekan-rekan saya dapat bermanfaat dan berguna bagi instansi pemerintahan. (WSN)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
2           0           1           0           1