Gaungkan World Water Forum 2024, Kemensetneg Berkolaborasi dengan RRI Pro2 FM Banda Aceh Ajak Gen Z Peduli Air untuk Kesejahteraan Bersama

 
bagikan berita ke :

Senin, 26 Februari 2024
Di baca 374 kali

Guna mengantisipasi permasalah perubahan iklim, utamanya persoalan air, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengajak generasi muda di Banda Aceh dan sekitarnya untuk dapat memiliki rasa tanggung jawab akan mitigasi yang diperlukan dan peduli terhadap beragam agenda-agenda yang akan dibahas dalam the 10th World Water Forum (WWF) di Bali pada Mei 2024 mendatang.

 

Hal ini sejalan dengan tujuan dalam Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), Nomor 6 Air Bersih dan Sanitasi; Nomor 10 Berkurangnya Kesenjangan; Nomor 12 Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; Nomor 13 Penanganan Perubahan Iklim; dan Nomor 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

 

Untuk itulah, perlu ada upaya untuk meningkatkan antusiasme dan partisipasi publik, serta memantik kebanggaan, khususnya kepada masyarakat Indonesia sehingga turut aktif dalam menyukseskan perhelatan akbar World Water Forum ke-10 Tahun 2024.

 

Kunjungan Biro Hubungan Masyarakat (Humas), Kemensetneg) ke Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Banda Aceh dalam rangka media visit dan mengembangkan jejaring kerja dengan kalangan media massa, diterima langsung oleh Kepala RRI Banda Aceh, Budi Nugroho bersama Kepala Bagian Tata Usaha, serta Ketua Tim Siaran, Pemberitaan, Layanan Pengembangan Usaha (LPU) dan Teknik.

 

Eddy Cahyono Sugiharto selaku Kepala Biro Humas Kemensetneg mengungkapkan Indonesia saat ini menjadi satu-satunya negara dengan populasi penduduk produktif, yakni hampir 70 persen sebagai bonus demografi. Untuk itu, generasi muda sahabat Pro2 FM Banda Aceh memainkan peran strategis dalam mendukung salah satu program prioritas “Mewujudkan Indonesia Emas 2045” dengan menjadikan isu air untuk kesejahteraan bersama menjadi kepedulian bersama, utamanya dalam mengantisipasi perubahan iklim. Pernyataan tersebut disampaikan dalam dialog interaktif di studio Programa 2 (dua) RRI Banda Aceh pada Senin (26/2).

 


Foto: Humas Kemensetneg

 

Eddy kemudian menjelaskan bahwa pada Mei 2024 mendatang Indonesia kembali dipercaya menjadi tempat perhelatan pertemuan tingkat tinggi WWF yang mengusung tema ‘Air untuk Kemakmuran Bersama’.

 

“Generasi muda dapat juga bisa berpartisipasi aktif dalam side event, youth forum dan mendukung beragam program konkret dalam memastikan pemanfaatan air untuk kesejahteraan kita bersama. Kita harus peduli terhadap lingkungan, kebersihan sungai dan tata kelolanya serta penanganan sampah plastik sehingga permasalahan air global dapat menjadi pengarusutamaan dalam setiap aktivitas generasi muda,” terang Eddy.

 

Peran aktif generasi muda dalam menjaga lingkungan, salah satunya dengan mengurangi atau tidak menggunakan botol plastik.

 

“Rekan-rekan Pro2 FM saat bepergian mulai membiasakan diri membawa tumbler (botol minum). Itu sebenarnya kecil, tapi kan langkah besar harus dimulai dari langkah kecil. Jadi itu merupakan kontribusi teman-teman juga untuk menjaga air demi kesejahteraan bersama,” kata Eddy.

 

Selain itu, Eddy juga menyampaikan bahwa Kemensetneg membuka diri bagi para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dengan memanfaatkan kanal-kanal media, khususnya media sosial dan memanfaatkan program magang di Kemensetneg.

 


Foto: Humas Kemensetneg

 

“Ayok kita memanfaatkan digital guna menyongsong Indonesia Emas 2045. Tangkal hoaks dan sebarkan informasi positif di media. Kemensetneg juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa seluruh Indonesia untuk dapat bergabung dalam program magang kami. Contoh pemanfaatan kanal-kanal media dan teknologi dapat dilihat dari hasil kerja rekan-rekan magang,” pungkas Eddy.

 

Turut hadir dalam kunjungan Pranata Humas Ahli Madya, R. Efa Febryana dan Akhmad Firmannamal, Pranata Humas Ahli Pertama, Ajeng Rara Tirta, dan Perancang Grafis, Novanda Prayogatama. (REF, Humas Kemensetneg)

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0