Sharing Knowledge Pengelolaan Informasi Publik, Biro Humas Kemensetneg Kunjungi Diskominfo Kabupaten Bogor

 
bagikan berita ke :

Selasa, 20 Desember 2022
Di baca 226 kali

Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara (Biro Humas Kemensetneg) berkunjung ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor, yang bertempat di Jl. Tegar Beriman No. 1, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa (20/12/2022).

Biro Humas Kemensetneg yang diwakili oleh Akhmad Firmannamal, Analis Humas beserta Tim, disambut  jajaran Diskominfo Kabupaten Bogor antara lain Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Iwan Setiawan; Sub Koordinator Pengelolaan Informasi Publik, Ilham; dan Sub Koordinator Komunikasi Publik, Cecep Jamhuri.

Mengawali diskusi, Akhmad mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meraih penghargaan predikat Kabupaten Informatif Tahun 2022 dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik Tingkat Jawa Barat, yang diselenggarakan Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Kamis (8/12/2022) lalu. Selain itu, dalam ajang Anugerah Media Humas, Pemkab Bogor secara kontinuitas telah banyak mendapatkan penghargaan dan nominasi dalam menjalankan kehumasan secara Nasional.

Iwan Setiawan menyambut baik terhadap kunjungan Biro Humas Kemensetneg, dalam paparannya Iwan menyampaikan berbagai strategi komunikasi yang telah dijalankan oleh Diskominfo Kabupaten Bogor, di antaranya melalui berbagai platform media sosial seperti instagram, facebook, twitter, dan Youtube. Luasnya cakupan wilayah yang tersebar di berbagai kondisi lingkungan jawa barat, menuntut kreatifitas dan inovasi dalam diseminasi informasi yang dilakukan Pemkan Bogor salah satunya dengan menggunakan videotron yang tersebar di setiap desa atau kelurahan.

Komunikasi dalam aspek budaya dan konvensional pun tetap dilakukan oleh Pemkab Bogor seperti penayangan wayang golek di beberapa tempat dengan turut menyisipkan program-program pemerintah baik daerah maupun nasional yang telah dan akan dijalankan.  Dalam keterbukaan informasi publik, Pemkab Bogor sebagai PPID Utama berkolaborasi dengan 72 PPID Pembantu dalam menjalankan tugasnya.

Pemkab Bogor juga memiliki majalah dengan nama yang sama seperti seperti majalah yang dikeluarkan Kemensetneg, yaitu majalah Inovasi. Majalah yang mulai terbit pada tahun 2009 mengangkat tentang aspirasi masyarakat, kuliner, kebudayaan dan pariwisata, dan prestasi-prestasi yang diraih Kabupaten Bogor. Majalah Inovasi sangat berperan dalam membangun keterbukaan informasi pemerintah kabupaten bogor.

Menutup diskusi, Akhmad mengajak Diskominfo Kabupaten Bogor untuk melanjutkan dan mensukseskan program-program pemerintah dalam mengglorifikasikan kerja-kerja pemerintah. Setelah sukses dengan perhelatan G20, salah satu tugas selanjutnya dengan Indonesia sebagai Keketuaan ASEAN. Selain itu Akhmad mengajak kolaborasi Pemkab Bogor dalam penyampaian informasi dan berbagai kegiatan yang sejalan dengan kedua belah pihak nantinya. Diskusi ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama. Di akhir kunjungan,Biro Humas Kemensetneg berkesempatan mengunjungi ruangan dan fasilitas PPID serta Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Tegar Beriman (teman) 95,3 FM, yang pernah meraih juara ketiga kategori LPPL Radio lokal terbaik se-Indonesia dan penghargaan Host Program Suara Nusantara Terbaik se-Indonesia. (RMU-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0