Tentang Informasi Publik PDF Cetak
Kamis, 22 Desember 2011

VISI

"Terwujudnya pelayanan informasi yang responsif, akurat, santun, dan akuntabel mengenai Kementerian Sekretariat Negara"

 

 

MISI

  • Menyediakan informasi publik yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan, serta berada di dalam kewenangan Kementerian Sekretariat Negara;
  • Membangun sistem informasi dan dokumentasi yang efektif, efisien, serta mudah diakses oleh publik dalam rangka pengelolaan informasi;
  • Meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam pelayanan dan pengelolaan informasi publik;
  • Menyediakan sarana, prasarana, dan/atau fasilitas pelayanan informasi bagi publik;
  • Memberikan pelayanan informasi yang berkualitas sesuai dengan standar pelayanan.

 

 

MOTTO

"MELAYANI DENGAN RASA"

RESPONSIF

AKURAT

SANTUN

AKUNTABEL 

 

MAKLUMAT PELAYANAN

 

Maklumat Pelayanan

 

Maklumat pelayanan PPID Kementerian Sekretariat Negara merupakan pernyataan tertulis yang memuat keseluruhan kewajiban dan janji PPID Kementerian Sekretariat Negara yang terdapat dalam standar pelayanan menyangkut pelayanan informasi kepada publik.

Sehubungan dengan hal tersebut, PPID Kementerian Sekretariat Negara menyatakan maklumat pelayanan sebagai berikut:

Dengan ini kami menyatakan sanggup menyelenggarakan Standar Pelayanan Pemberian Informasi Publik kepada masyarakat yang berkaitan dengan Kementerian Sekretariat Negara secara responsif, akurat, santun, dan akuntabel.

 

ALUR PELAYANAN INFORMASI

Alur Pelayanan

 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Sekretariat Negara dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan layanan informasi publik di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

 

Pelayanan informasi publik di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara diselenggarakan dengan mengedepankan asas Keterbukaan Informasi Publik, bahwa:

  1. Setiap Informasi Publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap Pengguna Informasi Publik.
  2. Informasi Publik yang dikecualikan bersifat ketat dan terbatas.
  3. Setiap Informasi Publik harus dapat diperoleh setiap Pemohon Informasi Publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana.
  4. Informasi Publik yang dikecualikan bersifat rahasia sesuai dengan Undang-Undang, kepatutan, dan kepentingan umum didasarkan pada pengujian tentang konsekuensi yang timbul apabila suatu informasi diberikan kepada masyarakat serta setelah dipertimbangkan dengan saksama bahwa menutup Informasi Publik dapat melindungi kepentingan yang lebih besar daripada membukanya atau sebaliknya.

PPID Kementerian Sekretariat Negara mengembangkan pelayanan informasi publik satu pintu (one gate service) meliputi pelayanan informasi di lingkungan Sekretariat Kepresidenan, Sekretariat Wakil Presiden, Sekretariat Militer Presiden, Sekretariat Dewan Pertimbangan Presiden, Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan, Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno, Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran, Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara dan Kedeputian.

 

====================================================================
 
  • Hak Pemohon Informasi Publik:
  1. Melihat dan mengetahui Informasi Publik;
  2. Menghadiri pertemuan publik yang terbuka untuk umum untuk memperoleh Informasi Publik;
  3. Mendapatkan salinan Informasi Publik melalui permohonan sesuai dengan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
  4. Menyebarluaskan Informasi Publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

  • Kewajiban Pengguna Informasi Publik:
  1. Pengguna Informasi Publik wajib menggunakan Informasi Publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  2. Pengguna Informasi Publik wajib mencantumkan sumber dari mana ia memperoleh Informasi Publik, baik yang digunakan untuk kepentingan sendirii maupun untuk keperluan publikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
====================================================================
  • Link PPID Pelaksana:
  1. Sekretariat Wakil Presiden

  2. Dewan Pertimbangan Presiden

  3. Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno

  4. Pusat Pengelola Komplek Kemayoran

====================================================================

  • Jam Pelayanan Informasi:

     

    Senin s/d Kamis : 09.00 - 15.00 WIB
    Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB
         
    Jum'at : 09.00 - 15.00 WIB
    Istirahat : 11.00 - 13.00 WIB

     

    PPID Kementerian Sekretariat Negara

    Gedung I Kementerian Sekretariat Negara

    No. telp :(021) 3843858 

    email: